Mendagri Tito Bakal Ambil Alih Kasus Ferdy Sambo, Apa Benar?

Mendagri Tito Bakal Ambil Alih Kasus Ferdy Sambo, Apa Benar?

Seleb | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 11:11
share

Video mencatut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun TikTok ini pada 2 Desember 2022.

Video itu memperlihatkan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Hiariej tengah memberika keterangan pers dengan Tito yang berdiri di sampingnya.

Video dilengkapi klaim bahwa Tito akan mengambil alih kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang saat ini menjerat Ferdy Sambo.

Berikut narasi yang melengkapi video terkait.

"kasus Sambo bakal di ambil alih tito

Selamat dan berbahagia, buat Sambo CS, btw yg senyum2 siapa tuh"

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Mendagri Tito mengambil alih kasus Ferdy Sambo.

Video tersebut merupakan potongan dari video yang diunggah kanal Sekretariat Presiden pada 28 November 2022 dengan judul "Keterangan Pers Mendagri, Wamenkumham, dan Tenaga Ahli Wamenkumham, 28 November 2022". Cuplikan yang dibagikan dapat dilihat pada menit 02.44-02.50.

Tito bersama Wamenkumham Edward Hiariej dan Tenaga Ahli Wamenkumham memberikan keterangan pers usai melakukan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP).

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan klaim Mendagri Tito mengambil alih kasus Ferdy Sambo adalah tidak benar. Faktanya, dalam cuplikan itu membahas soal RUU KUHP.

Topik Menarik