Rangkaian Uji Kelayakan dan Kepatutan Laksamana Yudo Margono Selesai, OTW Jadi Orang Nomor Satu di TNI!

Rangkaian Uji Kelayakan dan Kepatutan Laksamana Yudo Margono Selesai, OTW Jadi Orang Nomor Satu di TNI!

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 21:29
share

Laksamana Yudo Margono telah selesai menjalani rangkaian fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI. Sejak siang hingga sore hari, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu melakukan fit and proper test bersama Komisi I DPR RI.

Setelah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I DPR melanjutkan dengan melakukan verifikasi langsung ke rumah dinas Laksamana Yudo di area Menteng, Jakarta Pusat. Yudo mengatakan bahwa verifikasi langsung ini menjadi tahap akhir dari fir and proper test.

"Baru saja Komisi I datang kerumah untuk cek langsung. Cek istri, keluarga, karena merupakan rangkaian fit and proper test yang mana sebelumnya tadi sudah dipanggil untuk kebenaran data," kata Yudo kepada awak media pada Jumat (02/12/2022).

"Yang dicek mulai dari KTP, LHKPN, kemudian NPWP, termasuk rumahnya apa benar. Karena rumah pribadi di Surabaya, sehingga berkenan ke rumah jabatan," sambungnya.

Ia juga sudah menjelaskan semua visi misi yang bakal dia lakukan selama menjabat sebagai orang nomor satu di Militer. Dari DPR sendiri, kata dia, sudah melakukan pendalaman atas apa yang disampaikan ketika di Komisi I.

"Mulai dari persoalan Laut Cina Selatan, Aceh, Papua, kesejahteraan prajurit, netralitas TNI, sehingga ini bagian masukan bagi saya dalam melanjutkan tugas-tugas Panglima TNI Jenderal Andika," tuturnya.

Ia juga punya komitmen untuk tetap tegas jika ada prajurit yang melanggar. Menurutnya, apabila ada anggota TNI yang melakukan tindak pidana, maka harus diselesaikan lewat mekanisme pidana juga, bukan lewat etik.

"Tadi ditanyakan prajurit yang melanggar. Kita lanjutkan yang sudah dilakukan Andika, kita transparan dan tunjukkan penegakan hukum adil. Yang masuk pidana, masuk pidana. Yang disiplin, masuk ke disiplin," pungkasnya.

Topik Menarik