Loading...
Loading…
Cerita Kakek di Desa Malimbu Lutra Bikin Haru, Bertemu Keluarga Setelah Berpisah 34 Tahun

Cerita Kakek di Desa Malimbu Lutra Bikin Haru, Bertemu Keluarga Setelah Berpisah 34 Tahun

Powered by BuddyKu
Seleb | PortalMedia | Sabtu, 26 November 2022 - 19:45

PORTALMEDIA.ID, LUWU UTARA- Warga Dusun Mangkaluku Desa Malimbu Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sudarmin (51) kini sudah bisa berkumpul kembali bersama keluarga, usai berpisah selama 34 tahun.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Luwu Utara berhasil memulangkan kembali Sudirman setelah merantau ke Negeri Jiran, Malaysia, sejak usia 17 tahun. Sudarmin dipulangkan dalam kondisi kesehatan yang tidak stabil, ia diketahui menderita penyakit stroke.

Proses pemulangan Sudarmin difasilitasi oleh Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Sosial Kota Makassar.

Berdasarkan informasi dari Dinas Sosial Luwu Utara, Sudarmin ditemukan telantar di Pelabuhan Makassar oleh Dinas Sosial Makassar. Kemudian kasus orang telantar ini dialihkan ke Dinas Sosial Provinsi untuk di-assesment lebih lanjut.

Dari hasil assesment Dinsos Sulsel, melalui pekerja sosial provinsi, diketahui bahwa Sudamin berasal dari Dusun Mangkaluku Desa Malimbu Kecamatan Sabbang.

Berdasarkan informasi itu, Dinas Sosial Provinsi menghubungi kami, melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, kata Kadis Sosial Lutra, Ari Setiawan, Sabtu (26/11/2022), di Masamba.

Atas koordinasi yang baik dan intens antara Dinsos Provinsi Sulsel, Dinsos Makassar, Dinsos Luwu Utara, serta Pendamping Sosial TKSA dan kepala desa, maka bapak Sudarmin ini dapat dipulangkan kembali ke keluarga setelah berpisah selama 34 tahun, sambung Ari. Proses pengembalian orang terlantar ini berlangsung lancar tanpa hambatan.

Ari menceritakan proses pemulangan Sudarmin, Jumat 25 November 2022 pukul 21.48 WITA. Diungkapkannya, Sudarmin dipulangkan dalam keadaan sakit stroke. Alhamdulillah, akhirnya Pak Sudarmin kembali berkumpul bersama keluarga yang selama 34 tahun berpisah karena beliau merantau ke Malaysia sejak usianya baru 17 tahun, ungkapnya.

Proses pemulangan tersebut, kata Ari, atas fasilitasi Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Dinas Sosial Kota Makassar dan Dinas Sosial kabupaten Luwu Utara. Berkat koordinasi yang intens antara tiga instansi tersebut, Pak Sudarmin bisa kita pulangkan dan kembali ke kampung halamannya, tutur mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Luwu Utara ini.

Pada proses pemulangan tersebut, Camat Sabbang Sitti Kidar, dan Kepala Desa Malimbu, juga ikut mendampingi Tim Dinas Sosial Kabupaten Luwu Utara. Terlihat pula beberapa anggota keluarga Sudarmin ikut menyambut kedatangannya. Suasana haru tak dapat disembunyikan. Ibarat pepatah, cinta dan kasih sayang akan menemukan jalannya sendiri.

Terpisah, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Sulsel dan Dinas Sosial Kota Makassar yang telah mem-fasilitasi proses pemulangan warga Luwu Utara atas nama Sudarmin tersebut. Terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi dan kota Makassar atas pemulangan warga kami, kata Indah.

Indah juga tak lupa menyampaikan doa dan pengharapan agar warganya tersebut dapat segera pulih dan sembuh dari penyakit yang dideritanya, sehingga dapat menjalani hidup yang lebih sehat bersama keluarga yang dicintainya. Kita berharap doa kesembuhan buat pak Sudarmin agar dapat menjalani kehidupan yang baru bersama keluarga, ucapnya.

Sekadar diketahui, Sudarmin adalah salah satu Pemerlu Pelayanan Kesehjahteraan Sosial (PPKS) di Luwu Utara kategori Pekerja Migran Bermasalah Sosial. Diketahui pula bahwa Sudarmin juga pernah ikut program Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) pada 1980-an, dan beberapa tahun kemudian keluar dari program tersebut, dan mencari pekerjaan sendiri.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{