Dubes RI Di Islamabad Galang Dana Bantu Korban Banjir Pakistan

Dubes RI Di Islamabad Galang Dana Bantu Korban Banjir Pakistan

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 24 September 2022 - 07:08
share

Sebagai bentuk solidaritas terhadap korban bencana alam banjir bandang di Pakistan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Islamabad mengadakan fundraising dalam format cooking demo kuliner Indonesia pada 22 September 2022.

Acara dihadiri para istri kepala perwakilan asing di Pakistan, pengusaha restoran di Islamabad, anggota Kamar Dagang dan Industri setempat, Friends of Indonesia dan Diaspora Indonesia di Pakistan dan didukung Waheed Group, importir kelapa sawit terbesar di Pakistan.

Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar 1,2 juta rupee Pakistan atau sekitar Rp 80 juta dari Diaspora Indonesia dan 300.000 rupee Pakistan atau sekitar Rp 19 juta dari para tamu.

Bantuan kemanusiaan tersebut disampaikan secara simbolis oleh Duta Besar RI untuk Pakistan Adam M Tugio, Koordinator Diaspora IndonesiaWilayah Khyber Pakhtunkhwa (KPK) Efi Indriyani dan Ketua Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Ibnu Fikri Ghozali, di Pakistan, kepada Pakistan Red Crescent Society (PRCS).

Selain itu telah disalurkan bantuan logistik (tenda, berikut kawat nyamukdan paket makanan) dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Pakistan serta 2 alat Hemocue untuk donor darah.

Banjir bandang di Pakistan telah merenggut sekitar 1.600 jiwa, rusaknya lahan pertanian, infrastruktur jalan, jembatan, gedung dan sekolah serta menghanyutkan hampir 1/3 wilayah Pakistan.

Penggalangan dana merupakan bentuk solidaritas dan simpati rakyat Indonesia kepada korban banjir Pakistan, kata Dubes Adam dalam keterangannya, kemarin.

Pada sambutannya, Chairman of PRCS, Sardar Shahid Ahmed Laghari menyampaikan apresiasi kepada KBRI Islamabad yang melakukan pengumpulan dana untuk korban banjir bandang di Pakistan.

Menurut Laghari, musibah yang menimpa Pakistan merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah. Bantuan dari semua pihak sangat dibutuhkan saat ini.

Berbagai bantuan baik dana maupun logistik yang sudah diterima dari negara sahabat. Dan, telah disalurkan kepada masyarakat terdampak. Namun tentunya dengan kerusakan yang sangat besar, masyarakat masih membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak.

PRCS mengimbau agar masyarakat internasional turut meringankan penderitaan rakyat Pakistan yang terdampak bencana.

Fahad Waheed pada sambutannya menyampaikan bahwa Waheed Group telah bekerja sama cukup lama dengan KBRI Islamabad. Sebagai salah satu importir terbesar minyak sawit Indonesia, Fahad menekankan sejumlah kegiatan KBRI yang tepat sasaran dalam rangka mempromosikan kerja sama antara kedua negara, dan menyambut baik promosi rempah Indonesia di Pakistan.

Sebagai salah satu anggota dari komunitas bisnis di Pakistan, Fahad bersedia bekerja sama untuk mempererat interaksi business to business antar komunitas bisnis di Pakistan dan Indonesia.

Fahad berterima kasih kepada KBRI Islamabad yang telah mengajak kerja sama menyelenggarakan kegiatan pengumpulan dana untuk bencana banjir di Pakistan sekaligus turut memberikan andil dalam dua kegiatan promosi kuliner Indonesia di Islamabad.

Kegiatan fund raising dengan Indonesia Culinary Demo menampilkan Chef Budiono, chef profesional Courtyard (by Marriott) Nusa Dua Bali dan pernah mengikuti kontes Masterchef UK.

Dalam Culinary Demo, Chef Budiono memperkenalkan soto sapi Betawi, sate ayam Maranggi, mie goreng dan bakwan. Kuliner Indonesia tersebut diolah dengan bumbu-bumbu yang tersedia di Pakistan.

Kegiatan promosi kuliner ini bagian dari implementasi program Indonesian Spice Up the World . KBRI Islamabad juga tengah merampungkan coffee table book , Indonesia Spice Up Pakistan : Winning Hearts and Minds Through Foods and Flavours.

Buku yang diharapkan terbit padaOktober 2022 itu memotret peluang peningkatan ekspor rempah-rempah Indonesia ke Pakistan, dan sekaligus memperkenalkan kuliner Nusantara pada 5 super Destinasi Wisata di Tanah Air.

Rempah-rempah Indonesia sangat populer di seluruh dunia dan menjadi bagian terpenting untuk makanan di Indian sub - continent termasuk Pakistan.

Rempah-rempah telah berabad-abad mewarnai makanan Pakistan melalui racikan garam masala yang terdiri dari campuran 14 jenis rempah-rempah di antaranya pala, lada hitam, cengkeh, kayu manis, jintan, ketumbar, cardamom .

Topik Menarik