Tidak Cukup Sekadar Menyatakan Beriman Kepada Allah SWT

Tidak Cukup Sekadar Menyatakan Beriman Kepada Allah SWT

Seleb | BuddyKu | Minggu, 18 September 2022 - 05:52
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran menerangkan bahwa ada orang yang berkata sudah beriman kepada Allah SWT. Tapi ketika disakiti, disiksa dan dizalimi manusia malah menganggap siksaan dari manusia itu seperti azab dari Allah yang tidak bisa dihindari. Sehingga imannya kepada Allah menjadi goyah. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surah Al-Ankabut Ayat 10.

Di antara manusia ada yang berkata, Kami beriman kepada Allah, tetapi apabila dia disakiti karena (dia beriman kepada) Allah, dia menganggap cobaan manusia itu seperti siksaan Allah. Akan tetapi, jika datang pertolongan dari Tuhanmu, pasti mereka akan berkata, Sesungguhnya kami bersama kamu. Bukankah Allah paling mengetahui apa yang ada di dalam dada semua manusia? (QS Al-Ankabut: 10)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menurut riwayat diturunkan berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada seseorang yang bernama Ayyasy bin Abi Rabiah yang pada mulanya ia telah masuk Islam kemudian berhijrah ke Medinah. Akan tetapi, karena keislamannya itu, ia mengalami berbagai macam siksaan.

Karena tidak tahan lagi dengan siksaan, ia kembali murtad dan kembali menjadi musyrik. Orang yang menyiksanya adalah tokoh kafir Quraisy bernama Abu Jahal. Ia adalah pamannya sendiri (adik kandung ibunya).

Namun pada akhirnya Ayyasy bin Abi Rabiah masuk Islam kembali dan menjadi Muslim yang baik.

Ayat ini menerangkan keadaan seseorang yang mengaku beriman kepada Allah dan mengikrarkan dengan lidah tentang keesaan-Nya. Akan tetapi, bila ia difitnah atau disiksa oleh orang musyrik yang tidak senang dengan keislamannya, ia menganggap bahwa fitnah yang berupa cobaan dan siksaan dari orang lain itu sama saja dengan azab dari Tuhan di akhirat. Oleh karena itu, daripada mengalami siksaan terus-menerus, lebih baik ia kembali lagi kepada agama berhala (murtad).

Sebenarnya kalau ia sungguh-sungguh beriman, tentu ia bersabar atas cobaan tersebut, dan menenteramkan hatinya dengan keimanan yang bersarang dalam dadanya. Namun demikian, cobaan tersebut justru memalingkan hatinya dari beriman kepada Allah, sebagaimana azab Allah memalingkan seseorang dari kekafirannya. Ia menyangka siksaan dari manusia tidak dapat dihindarkan, sedang azab Allah di akhirat bisa saja dihindari.

Dalam ayat lain disebutkan lagi, "Dan di antara manusia ada yang menyembah Allah hanya di tepi, maka jika dia memperoleh kebajikan, dia merasa puas, dan jika dia ditimpa suatu cobaan, dia berbalik ke belakang. Dia rugi di dunia dan di akhirat. Itulah kerugian yang nyata." (QS Al-Hajj: 11

Jika pertolongan Allah didatangkan kepada orang-orang Mukmin yang sedang berjuang, maka golongan yang masih ragu-ragu dengan kebenaran Islam itu pura-pura menjadi sahabat yang baik dan mengatakan, "Kami selalu bersamamu sebagai saudara-saudara seagama, dan kami akan menolongmu dalam menghadapi musuh."

Apa yang mereka ucapkan itu tidak lain hanyalah sekadar ucapan mulut mereka saja. Sebab mereka telah berdusta dengan apa yang telah mereka dakwakan.

Keterangan ayat lain menegaskan, "(Yaitu) orang yang menunggu-nunggu (peristiwa) yang akan terjadi pada dirimu. Apabila kamu mendapat kemenangan dari Allah mereka berkata, Bukankah kami (turut berperang) bersama kamu? Dan jika orang kafir mendapat bagian, mereka berkata, Bukankah kami turut memenangkanmu, dan membela kamu dari orang mukmin? Maka Allah akan memberi keputusan di antara kamu pada hari Kiamat. Allah tidak akan memberi jalan kepada orang kafir untuk mengalahkan orang-orang beriman." (QS An-Nisa\': 141)

Topik Menarik