Silsilah Keluarga Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Keturunan China yang Amanahkan sang Anak Bangun 1.000 Masjid

Silsilah Keluarga Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Keturunan China yang Amanahkan sang Anak Bangun 1.000 Masjid

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 9 September 2022 - 19:16
share

JAKARTA, celebrities.id - Silsilah keluarga Jusuf Hamka kerap membuat banyak orang penasaran. H. Mohammad Jusuf Hamka atau juga dikenal dengan nama Babah Alun ini adalah seorang pengusaha Muslim keturunan China.

Jusuf Hamka merupakan Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persata (CMNP). PT Citra Marga Nusaphala Persata (CMNP) merupakan perusahaan yang terlibat dalam pembangunan jalan tol di Indonesia.

Jusuf Hamka menjadi perhatian banyak publik karena sifatnya yang dermawan dan suka membantu orang.

Penasaran dengan silsilah keluarga Bos Jalan Tol ini? Berikut simak silsilah keluarga Jusuf Hamka yang telah dilansir dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022).

Silsilah Keluarga Jusuf Hamka

1. Berdarah China

Jusuf Hamka tumbuh dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa yang cukup terpelajar. Nama lahirnya adalah Alun Joseph. Ayahnya bernama Dr. Joseph Suhaimi, S.H. (Jauw To Tjiang) seorang dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan ibunya Suwanti Suhaimi (Siaw Po Swan) seorang guru.

2. Diangkat jadi anak ulama besar Indonesia Buya Hamka

Jusuf memeluk Islam saat bertemu Buya Hamka di usia 23 tahun pada 1981. Ketika mualaf Jusuf pun langsung diangkat sebagai anak oleh ulama besar Indonesia, Buya Hamka.

Orangtuanya yang moderat tak pernah melarang Jusuf Hamka untuk memeluk agama Islam. Bahkan, orangtuanya berujar agar dia menjadi Muslim yang baik. Jusuf tidak langsung memeluk agama Islam saat meminta izin kepada orangtuanya, satu tahun kemudian barulah niatnya terlaksana.

3. Menikahi Lena Burhanudin

Jusuf Hamka memiliki istri bernama Lena Burhanudin. Baginya, sang istri adalah malaikat dalam hidupnya karena sosoknya yang paling pengertian dan mampu menerima Jusuf apa adanya.

Ketika krisis 1998, Jusuf rugi jutaan dolar, dia sampai melamun hingga meneteskan air liur. Tetapi istrinya datang memeluknya dan menenangkannya.

4. Punya tiga anak

Sementara itu, dari pernikahannya dengan Jusuf Hamka, Lena Burhanudin dikarunia tiga orang anak yaitu Fitria Yusuf, Feisal Hamka, dan Farid Hamka. Menariknya Jusuf Hamka mengamanahkan anaknya untuk membangun 1.000 masjid.

Salah satu Masjid yang dia dirikan adalah Masjid Babah Alun di bawah jalan tol Ir Wiyoto-Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Topik Menarik