Loading...
Loading…
Bilang Ada Pelecehan Seksual di Kasus Brigadir J, Susno Duadji Bungkam Komnas HAM?

Bilang Ada Pelecehan Seksual di Kasus Brigadir J, Susno Duadji Bungkam Komnas HAM?

Powered by BuddyKu
Seleb | populisid | Senin, 05 September 2022 - 11:45

Video mencatut mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 4 September 2022.

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang menarasikan, Susno Duadji membungkam Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam sebuah acara televisi.

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait.

"KACAU...TERLIHAT BODOH SEKALI SUSNO DUADJI BUNGKAM KOMNAS HAM DI TONTON JUTAAN ORANG...DETIK2 PALING MEMALUKAN

KOMNAS HAM DI BUNGKAM SUSNO DUADJI DI ACARA TV NASIONAL, JUTAAN ORANG TERCENGANG ATAS KEBERANIANNYA."

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Susno Duadji membungkam Komnas HAM dalam sebuah acara televisi.

Video tersebut membahas komentar Susno Duadji terhadap rekomendasi hasil rekonstruksi pembunuhan Brigadir J oleh Komnas HAM yang menyebut adanya dugaan kuat pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Narasi dalam video itu sesuai dengan artikel Tribunnews berjudul "Susno Sebut Komnas HAM Ngawur Jika Pelecehan Putri Candrawathi Cuma Berdasar Pengakuan Saksi", tayang pada 3 September 2022.

Atas rekomendasi rekonstruksi itu, Susno menilai Komnas HAM telah melampaui batak tupoksi lembaganya sendiri. Sebab, tugas Komnas HAM hanya menyelidiki apakah ada pelanggaran HAM berat dalam suatu kasus.

Dengan demikian, video dengan narasi Susno Duadji membungkam Komnas HAM dalam acara televisi adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian.

Original Source

Topik Menarik