Loading...
Loading…
Pengertian Teks Cerita Fantasi, Unsur, Struktur & Jenisnya

Pengertian Teks Cerita Fantasi, Unsur, Struktur & Jenisnya

Powered by BuddyKu
Seleb | Celebrities | Senin, 05 September 2022 - 11:36

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian teks cerita fantasi, unsur, struktur dan jenisnya wajib kamu pahami dalam membuat karya tulis karangan. Sebab teks berita fantasi merupakan sebuah karangan yang mencakup seluruh kisah yang bersifat imajinasi bahkan melebihi realita.

Oleh karena itu jangan heran jika dalam membaca teks cerita fantasi, pengarang membuat skenario cerita yang terkesan melebih-lebihkan bahkan terdengar tidak masuk akal. Hal itu karena biasanya pada dasarnya teks cerita fantasi penuh khayalan dan imajinasi.

Lebih lengkapnya ikuti ulasan berikut ini sebab celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022) terkait pengertian teks cerita fantasi, unsur, struktur dan jenisnya.

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Seperti yang diketahui bahwa teks cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis cerita yang berbentuk angan-angan, imajinasi dan khayalan. Menurut Nurgiyantoro (2008:295) mengemukakan bahwacerita fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, atau tema yang derajat kebenarannya diragukan, baik menyangkut (hampir) seluruh maupun hanya sebagian cerita.

Dengan kata lain penjelasan satu ini memberikan kesimpulan bahwa dalam teks cerita fantasi imajinasi pengarang yang berperan sangat penting dalam cerita fantasi. Hal itu membuat isi dari cerita tersebut ditangguhkan kebenarannya.

Unsur Teks Cerita Fantasi

Dalam penulisan teks berita fantasi terdapat unsur-unsur yang melatarbelakanginya, berikut selengkapnya.

Struktur Teks Cerita Fantasi

Dalam membuat teks cerita fantasi terdapat beberapa struktur yang wajib kamu pahami. Berikut rinciannya.

1. Orientasi

Struktur orientasi pertama dalam pembuatan teks cerita fantasi mencakup tentang tokoh, latar belakang, waktu, tempat dan peristiwa.

2. Komplikasi

Struktur yang kedua dalam penulisan teks cerita fantasi yakni komplikasi yang menjelaskan sebab dan akibat, emosi dan ketegangan antar tokoh hingga bagian klimaks yang memuncak.

3. Resolusi atau Penyelesaian Masalah

Struktur ketiga yang diperlukan dalam rangkaian teks cerita fantasi yakni terkait resolusi dan penyelesaian masalah. Struktur ini dipadukan oleh konflik yang terjadi pada cerita tersebut.

Jenis Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi terbagi menjadi beberapa macam, di antaranya sebagai berikut.

1. Teks Cerita Berdasarkan Kehidupan Nyata

a. Cerita Fantasi Total

Cerita satu ini merupakan sebuah karangan fantasi yang dibuat oleh pengarang yang mengarah pada objek tertentu. Namun isi ceritanya diubah menjadi tidak sesuai dengan kehidupan nyata. Contoh nama tokoh, kota, dan lain-lain.

b. Cerita Fantasi Irisan

Cerita satu ini mengartikan cerita imajinasi yang masih mempertahankan nama, tempat dan peristiwa yang masih ada dalam kehidupan nyata.

2. Cerita Berdasarkan Latar Cerita

a. Cerita Fantasi Sezaman

Cerita satu ini berisikan sebuah fantasi yang hanya menggunakan satu jenis latar waktu saja. Contohnya: masa lampau, masa depan yang akan datang dan lain-lain.

b. Cerita Fantasi Lintas Waktu

Cerita tersebut berisikan dua latar waktu berbeda yang dibuat oleh pengarang. Contoh: pengarang menggunakan perbandingan pada masa kini dan masa lampau.

Original Source

Topik Menarik