Loading...
Loading…
Lumba-Lumba Ternyata Bisa Saingi Manusia, Memiliki Jaringan Aliansi Terbesar di Dunia

Lumba-Lumba Ternyata Bisa Saingi Manusia, Memiliki Jaringan Aliansi Terbesar di Dunia

Powered by BuddyKu
Seleb | Indozone | Minggu, 04 September 2022 - 12:59

Sama-sama merupakan penghuni di Bumi, manusia dan lumba-lumba ternyata memiliki kesamaan yakni mampu membentuk jaringan aliansi . Namun, nyatanya jaringan aliansi lumba-lumba bisa lebih besar dari manusia lho !

Menurut penelitian, lumba-lumba mampu membentuk jaringan aliansi besar di luar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan beragam model yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa lumba-lumba mampu menyaingi manusia dalam hal jaringan aliansi.

Dikutip dari Nationalgeographic , lumba-lumba jantan di Shark Bay membentuk aliansi orde pertama dari dua-tiga pejantan untuk secara koopratif mengejar pasangan dengan satu betina yang diincar.

Aliansi orde kedua dari empat sampai empat belas pejantan yang tidak berhubungan bersaing dengan aliansi lainnya untuk mendapatkan akses ke lumba-lumba betina.

Sementara aliansi di orde ketiga terjadi antara aliansi orde kedua yang saling bekerja sama.

Penelitian ini menunjukkan bahwa lumba-lumba jantan membentuk jaringan aliansi bertingkat terbesar yang diketahui di luar manusia.

Namun, hubungan kerja sama antarkelompok, bukan sekadar ukuran aliansi, melainkan memungkinkan pejantan menghabiskan lebih banyak waktu dengan betina sehingga meningkatkan keberhasilan reproduksi mereka.

Di samping itu, kerja sama antarkelompok pada manusia dianggap unik dan bergantung pada dua fitur lain yang membedakan manusia dari nenek moyang yang sama dengan simpanse.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik