Ditaklukkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Shin Tae-yong Sesalkan Asnawi Mangkualam Absen dalam Laga

Ditaklukkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Shin Tae-yong Sesalkan Asnawi Mangkualam Absen dalam Laga

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 20 Mei 2022 - 09:26
share

NAM DINH, celebrities.id - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong menyesalkan absennya Asnawi Mangkualam dalam laga semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021.

Pasalnya, ketidakhadiran Asnawi sangat berpengaruh pada permainan timnya yang kalah ditaklukkan Timnas U-23 Thailand dengan skor tipis 0-1.

Asnawi tidak bisa tampil kala Indonesia U-23 kalah dari Thailand U-23 di Stadion Tienh Truong, Nam Dinh, Jumat (20/5/2022). Pemain Ansan Greeners itu tidak bisa tampil dikarenakan akumulasi kartu.

Rachmat Irianto, yang bukan berposisi natural sebagai bek kanan, dipasang untuk menggantikan peran Asnawi. Ilham Rio Fahmi yang tampil sebagai pemain pengganti juga diberi kepecayaan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Asnawi.

Shin Tae-yong pun amat menyesalkan absennya Asnawi. Menurutnya, ketidakhadiran Asnawi di pos bek sayap sangat berpengaruh moral pemain Timnas Indonesia U-23.

Indonesia U-23 tidak memiliki servis bek Asnawi Mangkualam, dia adalah pemain yang berpengaruh besar di tim, absennya Asnawi membuat semangat Indonesia U-23 terpengaruh dan gagal, kata Shin Tae-yong dilansir Zing News, Jumat (20/5/2022).

Selain menurunnya moral pemain, Timnas Indonesia U-23 seperti kehilangan sosok dengan jiwa pemimpin. Pasalnya, emosi para punggawa Garuda Muda terpancing dan berujung pada kerugian besar.

Padahal, Timnas Indonesia U-23 sejatinya sudah unggul jumlah kala pemain usai gelandang Thailand, William Weidersjo diganjar kartu merah. Namun, pelanggaran keras yang dilakukan Firza Andika mengubah segalanya.

Rekan-rekan Firza bereaksi berlebihan, wasit pun mengusir Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Peran Asnawi tentu amat dibutuhkan untuk mengingatkan rekan-rekannya agar tetap bersikap dewasa.

Shin Tae-yong turut menyesalkan hal tersebut. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mengkritik pemainnya yang tidak bisa mengontrol emosi pada laga tersebut.

Jujur hari ini saya sangat kecewa pada pemain, saya masih bisa mengerti jika dapat kartu kuning atau akumulasi kartu, tetapi ini karena tidak fair play jadi mendapat kartu merah, kata Shin Tae Yong.

Saya melihat pemain-pemain tersebut tidak punya tanggung jawab sebagai pemain dan sangat disayangkan apalagi banyak yang dapat kartu merah dan cedera, ucapnya.

Topik Menarik