4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga Jalan Kaki, Salah Satunya Jalan dengan Kepala Tertunduk

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga Jalan Kaki, Salah Satunya Jalan dengan Kepala Tertunduk

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 20 Mei 2022 - 06:55
share

JAKARTA, celebrities.id - Berjalan kaki jadi salah satu olahraga yang mudah dilakukan. Meski begitu, jalan kaki pun miliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Sayangnya, sebagian orang masih saja ada yang belum paham, sehingga melakukan kesalahan dalam olahraga satu ini.

Melansir dari Timesofindia.com, Jumat (20/5/2022), berikut kesalahan yang mungkin terjadi saat jalan kaki.

1. Jalan kaki selama 30 menit dapat membakar 100 hingga 300 kalori

Berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar 100 hingga 300 kalori. Fakta itu tidak selamanya benar. Pasalnya, ada beberapa manfaat lain yang terkait dengan berjalan kaki secara teratur.

Jalan kaki meningkatkan kebugaran kardiovaskular, mencegah berbagai komplikasi kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan otot, mengurangi stres, mengatur sistem kekebalan tubuh.

Meskipun manfaatnya tak terhitung, berjalan tidak memberikan hasil yang diinginkan bagi banyak orang. Mengapa? Itu karena kesalahan tak terlihat yang dilakukan saat berjalan.

2. Menghambat kecepatan berjalan

Berolahraga jalan kaki bersama keluarga atau teman mungkin menjadi hal yang menarik. Apalagi kegiatan itu dilakukan sambil mendengarkan musik ataupun ngobrol. Sayangnya, hal itu kurang efektif dilakukan. Itu akan mengurangi kecepatan dalam berjalan.

Selain itu, tidak mengenakan pakaian yang tepat juga dapat mempengaruhi kecepatan berjalan seseorang. Misalnya saja mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau pakaian yang terlalu longgar. Pemilihan sepatu pun demikian. Pasalnya, tidak memakai sepatu yang pas tidak hanya akan mempengaruhi kecepatan berjalan, tetapi juga akan mempengaruhi tulang dan otot kaki.

3. Menghitung jumlah langkah kaki

Olahraga jalan kaki bukan berarti kita harus menghitung langkah pula.
Manfaat jalan kaki bagi kesehatan tergantung pada berapa banyak kalori yang Anda bakar, yang sekali lagi tergantung pada kecepatan jalan Anda.

Laju berjalan adalah berapa kilometer yang ditempuh seseorang dalam waktu tertentu. Misalnya, berjalan dengan kecepatan 9 menit per kilometer pasti akan membakar lebih banyak kalori daripada berjalan dengan kecepatan 10 hingga 14 menit per kilometer.

4. Berjalan dengan kepala tertunduk

Jangan berjalan dengan kepala tertunduk. Jaga agar kepala tetap lurus dan pertahankan postur lurus dengan leher, punggung, dan bahu sehingga Anda dapat bernapas dengan benar.

Jaga agar lengan Anda tetap aktif saat berjalan. Jangan biarkan kaku. Ayunkan lengan Anda dengan kecepatan yang sama dengan tubuh Anda.

Topik Menarik