Ustadz Abdul Somad Dikabarkan Ditahan dan Dideportasi, Begini Penjelasan Dubes RI untuk Singapura

Ustadz Abdul Somad Dikabarkan Ditahan dan Dideportasi, Begini Penjelasan Dubes RI untuk Singapura

Seleb | celebrities.id | Selasa, 17 Mei 2022 - 10:38
share

JAKARTA, celebrities.id - Ustaz Abdul Somad (UAS) dikabarkan ditahan dan dideportasi oleh pihak Imigrasi Singapura pada Senin, 16 April 2022 sebelum akhirnya dipulangkan ke Indonesia.

Kabar itu disiarkan oleh akun resmi Instagram @ustadzabdulsomad_official. UAS memberi kabar bahwa sedang ditahan di sebuah ruangan berukuran 1x2 meter seperti penjara imigrasi.

Di sisi lain, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo angkat bicara soal kabar penahanan dan deportasi UAS. Suryopratomo mengaku telah mendapat informasi soal penahanan UAS olah pihak Imigrasi Singapura.

Berdasarkan informasi yang diterima Suryopratomo dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau otoritas Keimigrasian Singapura, UAS tidak memenuhi kriteria atau persyaratan warga asing yang diizinkan masuk ke Singapura.

Namun demikian, Suryopratomo menjelaskan bahwa UAS bukan dideportasi, melainkan tidak diizinkan masuk ke Singapura.

"Informasi yang saya dapatkan dari ICA, UAS tidak diizinkan untuk masuk Singapura karena tidak memenuhi kriteria warga asing berkunjung ke Singapura. Jadi tidak dideportasi karena beliau belum masuk Singapura," kata Suryopratomo saat dikonfirmasi pada Selasa (17/5/2022).

Dikonfirmasi lebih jauh soal faktor atau kriteria spesifik yang tidak dipenuhi UAS untuk masuk Singapura, Suryopratomo mengaku tidak mengetahui lebih detail. Sebab, dia mengatakan bahwa itu merupakan kewenangan pemerintah Singapura untuk menjelaskan.

"Kalau itu lebih baik tanya ke Dubes Singapura di Jakarta. Karena yang bisa menjelaskan soal kriteria Pemerintah Singapura," katanya.

Topik Menarik