5 Fakta Menarik Perayaan Hari Raya Waisak, Apa Saja?

5 Fakta Menarik Perayaan Hari Raya Waisak, Apa Saja?

Seleb | celebrities.id | Senin, 16 Mei 2022 - 16:47
share

JAKARTA, celebrities.id - Waisak merupakan hari raya terpenting dalam agama Buddha. Dari perayaan hari raya Waisak, pastinya terdapat fakta-fakta menarik pada perayaan setiap tahunnya.

Salah satu fakta menarik dari perayaan Waisak adalah tanggal Waisak yang berubah setiap tahunnya. Seperti halnya tahun 2021 lalu yang dirayakan pada 7 Mei, tahun ini Waisak dirayakan pada Senin, 16 Mei 2022.

Hal tersebut terjadi karena Waisak dirayakan pada hari ke-8 bulan ke-4 penanggalan lunar China yang berbeda dengan kalender Masehi. Tetapi, satu hal yang pasti adalah Hari Waisak selalu jatuh saat malam bulan purnama.

Dilansir dari beberapa sumber pada Senin (16/5/2022), berikut fakta menarik yang ada pada perayaan Waisak.

Fakta Menarik Perayaan Hari Raya Waisak

1. Berasal dari nama bulan

Kata Waisak berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Vaisakha atau Vesakha yang berasal dari nama bulan dalam kalender Buddha dan biasanya jatuh pada bulan Mei dalam kalender Masehi.

2. Mengibarkan bendera

Bendera Buddha berkibar selama perayaan Waisak. Enam garis vertikal yang mewakili enam aura yang berasal dari Buddha setelah pencerahan. Warna biru, kuning, merah, putih, dan oranye adalah warna dari lima pita pertama. Pita keenam adalah kombinasi dari semua warna lain untuk mewakili esensi murni atau kebenaran ajaran Buddha.

3. Ritual memandikan rupang Buddha

Ritual ini melambangkan awal baru dalam kehidupan. Selain itu juga untuk memberikan pesan penting bahwa kita mudah untuk membersihkan kotoran fisik namun sulit untuk membersihkan kotoran batin, seperi kebencian, keserakahan, iri hati, dan lain-lain.

4. Ritual pindapatta

Selain ritual untuk memandikan Rupang Buddha, terdapat pula ritual pindapatta yang dilakukan agar melatih biksu untuk hidup sederhana dan menghargai pemberian orang lain dan ummat belajar untuk memberi serta berbuat baik.

Para biksu berjalan kaki dengan kepala tertunduk sambil membawa mangkuk makanan untuk memperoleh dana makanan dari umat.

5. Candi Borobudur, Magelang sebagai pusat kegiatan Waisak

Rangkaian perayaan Waisak 2566 tahun 2022 dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Peringatan Hari Raya Waisak kali ini kembali dilangsungkan secara tatap muka usai dua tahun absen karena pandemi covid-19.

Topik Menarik