Loading...
Loading…
Pantai Ketapang Dulunya Tempat Pembuangan Sampah, Kini Jadi Wisata Instagramable di Indramayu

Pantai Ketapang Dulunya Tempat Pembuangan Sampah, Kini Jadi Wisata Instagramable di Indramayu

Powered by celebrities.id
Seleb | Celebrities | Minggu, 15 Mei 2022 - 22:21

INDRAMAYU, celebrities.id - Siapa yang menyangka Pantai Ketapang kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi. Padahal, dulunya area ini jadi tempat pembuangan sampah.

Pantai ini berlokasi di Desa Juntinyuat blok Sekawit, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kawasan bernuansa bahari yang satu ini kini sangat diminati oleh wisatawan.

Selain keindahan alam pantainya yang begitu memukau, objek wisata ini juga sangat Instagramable, sangat cocok bagi para pengunjung yang hobi berfoto ria dan menghabiskan hari libur bersama keluarga.

Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dapat dinikmati para pengunjung, diantaranya, gazebo gratis, tikar gratis, berbagai spot selfi gratis, mushola, toilet, tempat bilas, dan lain-lain.

Pengelola wisata Pantai Ketapang, Acong (41) mengatakan, kawasan ini dulunya kumuh penuh dengan sampah.

"Di sini awalnya tempat pembuangan sampah dari masyarakat, dan juga banyak sampah yang datang dari laut. Lalu kami berfikir bagaimanapun caranya, supaya tempat yang tadinya kumuh bisa menjadi tempat yang indah," kata dia kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga :
Pembuatan Fasilitas Taman Wisata Desa Tangsi Duren, Tumbuhkan Ekonomi Daerah

Acong menyampaikan, setelah dibersihkan. Pada 2021 menggunakan modal pribadi kawasan itu akhirnya dia sulap menjadi tempat wisata Pantai Ketapang yang saat ini sedang hits dan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar kota.

"Tempat wisata ini kita konsep sendiri dan tidak melibatkan pihak luar. Nama Pantai Ketapang diambil dari nama pohon Ketapang yang memang banyak tumbuh di kawasan pantai ini," ucap Acong.

Dia mengungkapkan, obyek wisata Pantai Ketapang mengusung tema wisata laut, perkebunan, dan juga taman bunga.

Banyak tersedianya gazebo gratis yang menghadap ke laut lepas menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi tempat wisata tersebut.

"Di sini lautnya aman, 50 meter dari bibir pantai paling kedalamannya sekitar satu meteran. Selain berenang, di pantai ini para wisatawan juga bisa camping," tuturnya.

Menariknya lagi, untuk berkunjung ke Pantai ini, wisatawan tidak perlu menghabiskan banyak biaya, karena tarif tiket masuk saat weekend, orang dewasa Rp7 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

Sedangkan tarif tiket saat weekday, orang dewasa Rp5 ribu dan anak-anak Rp3 ribu.

Baca Juga :
Potret tempat wisata milik 6 seleb, taman bunga hingga water park

Sementara untuk tarif parkirnya sendiri motor Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu berlaku weekend dan weekday.

"Sesuai dengan moto kita, wisata murah tetapi bukan murahan," tuturnya.

Saat ini, tambah dia, jumlah pengunjung yang datang ke Pantai Ketapang sendiri bisa mencapai 400-500 orang saat weekend dan sekitar 150 orang saat weekday.

"Alhamdulillah, hasil penjualan tiket dari tempat wisata Pantai ini bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa dan pendapatan untuk warga sekitar juga yang turut bekerja di pantai ini," katanya.

Original Source

Topik Menarik