Libur Panjang Waisak, Arus Lalu Lintas ke Gunungkidul Lebih Ramai Dibanding Libur Lebaran

Libur Panjang Waisak, Arus Lalu Lintas ke Gunungkidul Lebih Ramai Dibanding Libur Lebaran

Seleb | celebrities.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 21:12
share

YOGYAKARTA, celebrities.id - Arus lalu lintas menuju kawasan obyek wisata mengalami peningkatan luar biasa, bahkan diklaim lebih ramai dibanding libur Lebaran lalu. Tampaknya, libur panjang dalam rangka perayaan Waisak kali ini dimanfaatkan warga untuk kembali menikmati liburan.

Kanit Lalu Lintas Polsek Piyungan, AKP Budi Hariyanto mengakui adanya lonjakan arus kendaraan menuju ke Kabupaten Gunungkidul. Kenaikan luar biasa volume kendaraan terjadi di ruas jalan Jogja-Wonosari dan Prambanan Piyungan sejak Sabtu (14/5/2022).

"Betul, terjadi peningkatan arus lalin dari arah Prambanan dan juga Kota Yogyakarta menuju Wonosari (Gunungkidul). Kendaraan didominasi dari plat luar daerah," ujar Budi, Minggu (15/5/2022).

Akibatnya terjadi antrean cukup panjang di lampu merah pertigaan Piyungan, Jalan Prambanan-Piyungan atau kendaraan dari arah Prambanan mengular sampai perempatan Munggur atau depan Balai Kalurahan Srimartan.

Di jalan Jogja-Wonosari antrian kendaraan dari arah kota Yogyakarta menuju ke Gunungkidul bahkan sampai ke SPBU payak yang berjarak dua kilometer dari pertigaan Piyungan. Petugas pun terpaksa memasang water barrier yang diikat dengan tali agar tidak ada yang berbelok atau putar balik.

"Oleh karena itu petugas lantas melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus," tuturnya.

Untuk rekayasa lalu lintas mereka lakukan pengaturan secara manual. Lampu APILL tidak mereka fungsikan karena pengaturan arus lalu lintas dilakukan oleh beberapa petugas. Sehingga keputusan untuk membolehkan kendaraan langsung melintas di pertigaan Piyungan sepenuhnya di tangan petugas.

Petugas terjun langsung mengatur laju kendaraan di pertigaan Piyungan. Pihaknya lebih memprioritaskan arus lalin yang berasal dari Prambanan maupun dari Yogyakarta. Karena antrian cukup panjang dari dua arah tersebut.

Di samping itu, pihaknya juga membuat arus yang dari Prambanan menuju Wonosari kiri jalan terus. Demikian pula yang dari Wonosari menuju Yogyakarta mereka buat lurus jalan terus agar tidak terjadi antrian yang cukup panjang.

"Imbauan kami lakukan melalui publik Address," ujarnya.

Setelah mereka lakukan rekayasa tersebut, mulai pukul 11.00.WIB, antrian kendaraan dari arah Kota Yogyakarta mulai dapat terurai. Sementara dari arah Prambanan antrian masih panjang dipicu karena kondisi jalan yang sempit.

Kapolsek Piyungan, Kompol Rahmad menambahkan, untuk mengurai antrian yang cukup panjang maka pihaknya menerjunkan petugas melakukan pengaturan. Pihaknya menempatkan pula anggota di Bokong Semar untuk memperlancar atau mempercepat laju kendaraan .

Selain itu, petugas juga ditempatkan di atas jembatan kembar, atas jembatan pos Piyungan dengan tujuan memperlancar laju kendaraan biar tidak terjadi penumpukan arus. Dan selepas tengaj hari untuk simpang tiga Piyungan sudah lancar antrean tidak panjang.

Topik Menarik