16 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Raya Waisak, Ini Fakta Sejarah dan Ulasannya

16 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Raya Waisak, Ini Fakta Sejarah dan Ulasannya

Seleb | kuyou.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 11:01
share

16 Mei 2022 adalah peringatan Hari Raya Waisak, yuk simak fakta, sejarah dan ulasannya di Hari Raya Waisak tersebut.

Pada 16 Mei 2022, seluruh umat Buddha di dunia akan memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE. Waisak sendiri adalah hari suci agama Buddha.

Pada Hari Waisak,Umat Buddha akan merayakan dan merefleksi tiga peristiwa suci yang terjadi pada Buddha Gautama yakni kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan atau wafat.

Lalu, bagaimana dengan fakta, sejarah dan ulasannya? Daripada penasaran, yuk simak fakta, sejarah dan ulasan Hari Raya Waisak yang diperingati pada 16 Mei 2022.

Fakta Sejarah Hari Raya Waisak



Hari Raya Waisakmerupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 peristiwa penting, yaitu:

1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,

2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.

3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Berdasarkan k eputusan Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia World Fellowship of Buddhists (WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Tiga peristiwa ini dinamakan "Trisuci Waisak". Dan dirayakan setiap bulan Mei pada waktu terang bulan di setiap tahunnya.

Waisak sendiri adalah nama salah satu bulan dalam penanggalan India Kuno.

Ulasan dan Tema Hari Raya Waisak 2022



Pada Hari Raya Waisak 2566 BE atau 2022, tema yang diambil adalah adalah jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati.

Di Indonesia, hari suci Buddha ini disebut dengan nama Hari Raya Waisak. Namun, di beberapa negara beda penyebutannya, seperti di India dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka, serta "hari Buddha" di beberapa tempat lainnya.

Perayaan Hari Raya Waisak di Indonesia



Di Indonesia, Hari Raya Waisak akan berpusatdi Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Pada perayaannya, umat Buddha akan berjalan daridari Candi Mendut, mampir di Candi Pawon, dan terakhir di Candi Borobudur.

Nah, itulah fakta, sejarah dan ulasan Hari Raya Waisak yang diperingati pada 16 Mei 2022.

Topik Menarik