Apakah Vaksin Hepatitis yang Ada Sekarang Bisa Cegah Hepatitis Misterius? Begini Penjelasannya

Apakah Vaksin Hepatitis yang Ada Sekarang Bisa Cegah Hepatitis Misterius? Begini Penjelasannya

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 15:51
share

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab hepatitis misterius belum diketahui sampai sekarang. Para peneliti di seluruh dunia tengah menyelidiki lebih lanjut penyebab dari penyakit yang kini sudah banyak dilaporkan di seluruh dunia tersebut.

Di sisi lain, masyarakat terus diingatkan untuk menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dan tidak makan sembarangan demi memastikan buah hati terhindar dari paparan penyakit tersebut. Terlebih, hepatitis misterius ini bisa menular lewat mulut dan hidung.

Upaya pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah melengkapi vaksin hepatitis A, B, C, D, hingga E.

Walau sampai saat ini belum ada kepastian, terkait apakah vaksin hepatitis yang sudah ada di Indonesia itu bisa mencegah hepatitis misterius akut ini.

"Vaksinasi hepatitis yang sudah ada saat ini memang ditujukan untuk hepatitis yang sudah ada. Kalau ditanya apakah vaksinasi hepatitis yang tersedia itu bisa mencegah hepatitis misterius, biarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia yang menyampaikan informasinya," kata Dirut RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtualnya, Jumat (13/5/2022).

Ini lantaran hepatitis misterius yang sedang merebak, kata dr Syahril, penyebabnya belum diketahui secara pasti, jadi bagaimana bisa membuat atau memastikan vaksin yang sudah ada bakal efektif.

"Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan vaksin yang pas dengan hepatitis misterius, yang penyebabnya belum diketahui ini," kata dr Syahril.

"Jadi, sekali lagi, kalau ditanya apakah vaksin hepatitis yang ada sekarang bisa menangkal hepatitis misterius? kita tunggu informasinya dari IDAI ya, selagi masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan seperti cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak," ucapnya.

Topik Menarik