Intip Suasana Kota Bandung di Libur Long Weekend, Wisatawan Ramaikan Kawasan Asia Afrika

Intip Suasana Kota Bandung di Libur Long Weekend, Wisatawan Ramaikan Kawasan Asia Afrika

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:42
share

BANDUNG, celebrities.id - Libur panjang atau long weekend dimanfaatkan warga Bandung dan wisatawan menikmati suasana kawasan Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (14/5/2022).

Mereka tampak menikmati suasana libur di kawasan ikonik itu. Banyak di antara mereka berfoto ria dengan latar Gedung Merdeka, gedung bergaya artdeco yang bersejarah itu. Sebagian lainnya memilih berfoto-foto dengan latar Jalan Asia Afrika.

Sementara warga yang membawa anak kecil banyak yang memilih berfoto dengan para cosplayer, seperti cosplayer hantu yang memang banyak bergentayangan. Sisanya, memilih duduk sambil menikmati camilan dan berbincang di bangku taman yang juga banyak tersedia di kawasan itu.

Suasana libur long weekend pun semakin menyenangkan karena kondisi cuaca cukup mendukung. Hingga pukul 14.00 WIB, cuaca di kawasan itu masih berawan sehingga warga tak kepanasan terik matahari.

Sedangkan lalu lintas terpantau ramai lancar. Kepadatan lalu lintas hanya terjadi di sejumlah titik saja, seperti Jalan Braga. Secara umum, kondisi lalu lintas di kawasan pusat Kota Bandung masih ramai lancar.

"Enak banget suasananya di sini, kebetulan juga tidak hujan. Kita pengen nikmatin libur long weekend sambil foto-foto di sini," ujar Erin yang diamini tiga orang temannya saat menikmati suasana di kawasan Gedung Merdeka.

Erin yang berasal dari Cibiru, Kota Bandung itu memilih menghabiskan akhir pekannya bersama teman-teman sambil bersilaturahmi usai menikmati libur Lebaran.

"Kemarin kan Lebaran sama keluarga, sekarang kebetulan long weekend kita ngumpul, sambil halal bihalal aja, dari sini kita mau cari tempat ngopi," ujarnya tersenyum.

Sementara itu, polisi sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas untuk mencegah dan mengatasi potensi kemacetan pada long weekend di Kota Bandung, akhir pekan ini.

Diketahui, Kota berjuluk Parijs Van Java ini kerap menjadi incaran wisatawan pada hari libur. Kondisi tersebut kerap mengakibatkan kepadatan kendaraan, terutama di sejumlah titik rawan macet.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Aswin Sipayung melalui Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Ariek Indra Sentanu menyebutkan, sejumlah titik rawan tersebut, di antaranya jalur menuju kawasan wisata Lembang, tepatnya di Jalan Sukajadi dan Jalan Setiabudi.

Di titik tersebut, kata Ariek, pihaknya bakal menempatkan petugas kepolisian untuk mencegah dan mengurai kemacetan yang terjadi. Bahkan, pihaknya bakal menerapkan rekayasa lalu lintas jika kepadatan kendaraan di atas normal.

"Selain one way, kita juga akan lakukan kanalisasi jalur masuk menuju Mal Paris Van Java yang berada di Jalan Sukajadi. Lalu, one way di Jalan Setiabudi dekat Jalan Cemara dilakukan situasional," ujar Ariek.

Jalur rawan macet lainnya, lanjut Ariek, yakni Jalan Dr Djunjunan dan Jalan Ir H Juanda serta Jalan Tamansari, tepatnya di dekat objek wisata Kebun Binatang Bandung.

"Di Jalan Dr Djunjunan, petugas di lapangan bakal melakukan pelarangan parkir di sejumlah titik keramaian," katanya.

Ariek juga menyebutkan Jalan Asia Afrika yang menjadi jantung Kota Bandung juga menjadi titik rawan macet lainnya. Pasalnya, wisatawan kerap membludak di kawasan tersebut pada hari libur.

"Akan ada sejumlah petugas yang berjaga-jaga di sana," ujarnya.

Titik rawan terakhir, yakni kawasan Pasir Kaliki dan Bundaran Cibiru. Pihaknya pun bakal menempatkan sejumlah petugas untuk mencegah dan mengantisipasi kemacetan yang terjadi di kawasan itu.

"Semoga pengamanan long weekend perayaan Waisak 2022 yang dilakukan oleh polisi dapat membuat masyarakat nyaman dan aman untuk menikmati akhir pekan di Kota Bandung," ujarnya.

Topik Menarik