11 Ide Jualan Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil, dari Dropshipper hingga Jadi Penulis

11 Ide Jualan Online untuk Pelajar dengan Modal Kecil, dari Dropshipper hingga Jadi Penulis

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:34
share

JAKARTA, celebrities.id - Ide jualan online untuk pelajar kadang masih banyak yang tidak memikirkannya. Beberapa orang memilih untuk tidak berbisnis karena tingginya modal yang dibutuhkan. Akan tetapi, pemikiran tersebut tampaknya harus dihilangkan mengingat zaman sekarang jualan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak modal.

Dengan adanya digitalisasi, memulai bisnis kini semakin mudah dilakukan, termasuk bagi pelajar. Jika kamu bisa memulai bisnis sejak masih pelajar, bukan tidak mungkin kamu akan meraih kesuksesan di usia muda. Dengan membuka usaha sendiri, kita bisa menumbuhkan juga rasa kemandirian.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (13/5/2022) telah merangkum ide jualan online untuk pelajar, sebagai berikut.

Ide Jualan Online untuk Pelajar

1. Buat Gantungan Kunci

Gantungan kunci yang dimaksud merupakan gantungan kunci yang terbuat dari kertas laminasi. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan bahan-bahannya tersedia di toko buku alat tulis dan dekat rumah. Beberapa langkah diantaranya:

a. Siapkan bahan-bahannya, yakni gunting, sticky note, kertas laminasi, ring gantungankunci, dan pembolong kertas.
b. Tempelkan 2 sticky notes (depan-belakang) yang sama.
c. Letakkan sticky note tersebut diantara 2 lembar kertas laminasi.
d. Lalu, setrikalah kertas laminasi tersebut (yang sudah ada sticky note-nya).
e. Setelah kertas laminasinya kaku, gunting bagian sticky note sesuai alur bentuknya tapijangan terlalu mepet.
f. Bolongi bagian yang akan dimasukkan ring gantungan kunci menggunakan pembolongkertas.
g. Masukkan ring gantungan kunci.

2. Buat Blog atau Website Sendiri

Membuat blog atau website merupakan salah satu cara usaha jualan online dengan modal rendah bahkan bisa gratis. Setelah membuat blog atau website, kamu bisa menjual tulisan kamu atau lanjut memasang Google Adsense untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Google Adsense ini adalah layanan Google yang terkait dengan penampilan iklan.

Saat pembaca mengklik artikel yang terdapat Google Adsense, maka kamu bisa mendapatkan uang. Semakin banyak orang yang membaca artikel yang kamu buat, maka semakin banyak uang yang didapatkan.

3. Buat Podcast

Podcast adalah konten suara yang kini banyak disukai orang. Tak heran, banyak orang yang juga mulai menekuni pembuatan konten podcast ini. Sebagai pelajar, kamu juga bisa menjadi podcaster untuk mendapatkan penghasilan.

Sama seperti influencer, kita juga perlu konsisten dalam membuat konten. Dimulai dari membahas hal-hal yang tengah trending saat ini. Kemudian, saat nantinya podcast telah terkenal, kamu bisa mendapatkan sponsor ataupun endorsement.

4. Buat Bisnis Kuliner

Bidang kuliner menjadi pilihan favorit bagi seseorang yang ingin memulai bisnis, tentu saja tak terkecuali bagi pelajar. Tidak ada salahnya menjadikan hobi tersebut sebagai bisnis. Kuliner merupakan salah satu ide bisnis online untuk pelajar yang memiliki pasar cukup luas dan tidak terbatas. Karena semua orang pasti membutuhkan makanan. Oleh sebab itu, cobalah untuk memulai bisnis kuliner yang sedang kekinian.

5. Buat Desain

Desain menjadi satu produk kreatif yang nggak ada matinya. Bahkan beberapa orang memilih untuk menjadi desainer freelance ketimbang full time, karena peluangnya yang masih sangat besar dan menjanjikan.

Jika kamu juga suka menggambar dan bisa membuat desain, coba untuk menawarkan jasa desainmu secara online. Dengan menjadi desainer saat masih menjadi pelajar, skill kamu akan terus bertambah, sehingga saat dewasa nanti, kamu bisa jadi desainer dengan karya yang makin kece.

6. Jadi Dropshipper

Bisnis online dengan sistem dropship juga cocok bagi pelajar karena minim modal dan lebih praktis. Dropship merupakan sebuah sistem penjualan yang mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (stok barang).

7. Jadi Penulis Artikel

Jika menurut kamu menjadi seorang blogger akan memakan waktu lama untuk menghasilkan uang. Maka kamu bisa melakukan bisnis online dengan menjual jasa penulis artikel melalui situs marketplace untuk freelance.

Tentu hasilnya lebih instan karena kamu akan dibayar ketika artikelnya sudah selesai ditulis dan lolos tahap revisi. Pekerjaan satu ini sangat cocok untuk pelajar karena waktunya juga fleksibel. Kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah artikel yang kamu tulis. Biasanya besarannya ditentukan dari panjang artikelnya.

8. Usaha Token Listrik Online

Selain pulsa, kamu juga bisa menawarkan jasa pembayaran dan pembelian token listrik secara online melalui distributor yang juga menawarkan layanan terkait, yang juga bisa anda tawarkan melalui website gratis ataupun website sendiri.

9. Usaha Jual Kuota Internet

Siapa yang tidak butuh kuota internet di zaman sekarang. Sekarang pengisiannya juga lebih mudah dan pilihannya beragam. Selain menyediakan pulsa dan paket data, kamu juga bisa menjual jasa bayar PAM, bayar pajak kendaraan, dan sebagainya. Umumnya satu supplier menyediakan semua layanan tersebut.

10. Jadi Affiliate Marketing

Cara kerjanya mirip Multi Level Marketing, yakni kita hanya diminta mengajak orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan. Produk tersebut adalah milik bisnis orang lain, sehingga kamu akan memperoleh komisi jika berhasil mengajak sejumlah orang untuk membelinya.

11. Usaha Jual Makanan Ringan

Makanan ringan ada banyak sekali jenisnya, seperti keripik, coklat, biskuit, atau camilan-camilan yang viral di media sosial. Kamu juga bisa menciptakan camilan unik buatan sendiri dan memviralkannya di media sosial.

Topik Menarik