3 Bagian Mobil Ini Wajib Diperiksa usai Mudik Lebaran, Nomor 2 Paling Vital

3 Bagian Mobil Ini Wajib Diperiksa usai Mudik Lebaran, Nomor 2 Paling Vital

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:31
share

JAKARTA, celebrities.id - Mudik Lebaran memang telah usai, sekarang waktunya untuk memeriksa kendaraan yang digunakan usai pulang kampung atau mudik. Sejumlah bagian dari kendaraan wajib diperiksa agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

Bagi mobil yang habis menempuh perjalanan jauh maka ada sejumlah komponen yang perlu diperhatikan. Komponen-komponen ini perlu diperbaiki atau diganti agar kondisi mobil kembali prima saat kembali digunakan.

Nah, berikut beberapa komponen yang wajib diperhatikan setelah perjalanan jauh, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022):

1. Oli

Saat habis perjalanan jauh, biasanya kualitas oli akan berkurang sehingga mesin kurang pelumas dan lama kelamaan akan aus.Untuk itu periksa kualitas oli apakah masih bagus atau tidak, jika warnanya sudah pekat sebaiknya segera ganti oli.

2. Rem

Sama seperti oli, rem juga wajib dicek kondisinya. Apabila ketebalannya sudah berkurang dari 1 milimeter, sebaiknya segera ganti. Mengganti kampas rem penting dilakukan pasalnya sangat bergantung pada keamanan.

3. Ban

Selain mengecek ketebalan ban, cek juga tekanannya, apakah masih sesuai dengan standar atau tidak. Periksa pula apakah ada tonjolan pada permukaan ban. Kalau perlu lakukan juga spooring dan balancing ban agar kondisi mobil tetap stabil.

Topik Menarik