6 Tarian Jawa Timur yang Paling Populer di Indonesia, #KAMUHARUSTAHU

6 Tarian Jawa Timur yang Paling Populer di Indonesia, #KAMUHARUSTAHU

Seleb | indozone.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:50
share

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budayanya tersendiri. Salah satu budayanya terlihat dari tarian tradisional yang dimiliki.

Daerah Jawa Timur tentunya memiliki banyak kesenian tarian tradisional, namun, hanya segelintir tarian yang populer, bahkan mendunia.

Berikut ini beberapa tarian adat Jawa Timur yang paling populer.

1. Tari Reog Ponorogo

Sesuai dengan namanya, tarian ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Tak hanya di Jawa Timur, tarian ini juga terkenal di di dunia. Hal ini karena tarian Jawa Timur ini memakai topeng Reog yang memiliki berat 50-60 Kg dengan memakai gigi saat melakukan tarian.

Tarian Reog Ponorogo dibawakan oleh 6 atau 8 penari, dikombinasi oleh laki-laki dan perempuan.

2. Tari Topeng Malangan

Tarian dari Jawa Timur ini dikenal juga dengan sebutan Wayang Topeng Malangan. Tarian ini merupakan salah satu pertunjukan seni yang timbul dari abad 8 Masehi.

Tidak langsung ditampilkan begitu saja, tarian ini dibuka dengan tarian Topeng Bangtih atau tarian Beskalan Lanang dan dibawakan oleh penari yang menjadi lakon Panji.

3. Tari Jaranan Buto

Berasal dari Banyuwangi, tarian ini diartikan sebagai tarian kuda lumping raksasa. Kata raksasa tersebut muncul karena tarian asli Jawa Timur ini dibawakan oleh 16 sampai 20 orang.

Tari Jranan Buto biasanya dibawakan ketika acara khitanan ataupun pernikahan dan dilakukan oleh laki-laki saja.

4. Tari Gandrung

Tarian adat Jawa Timur lainnya adalah tari Gandrung. Tarian ini juga berasal dari Banyuwangi dan ditampilkan sebagai wujud masyarakat untuk merayakan Panen Raya.

Tari Gandrung biasanya dibawakan dengan diiringi musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali.

5. Tari Kuda Lumping

Tarian dari Jawa Timur paling populer yang lainnya adalah tari Kuda Lumping atau yang dikenal juga dengan Jaran Kepang.

Kuda lumping dalam tarian ini menggambarkan sekolompok prajurit yang sedang menunggang kuda.

6. Tari Thengul

Tarian Jawa Timur ini telah dibawakan pada Thengul International Folklore Festival 2019. Tari ini biasanya ditampilkan berkelompok dengan ekspresi, gerakan, dan kostum yang mirip dengan Wayang Thengul. Tarian ini berasal dari Bojonegoro

Beberapa kesenian tarian Jawa Timur di atas ada yang hanya ditampilkan saat pernikahan dan upacara adat. Namun, hal tersebut tidak menghalangi tarian tersebut untuk menjadi tarian Jawa Timur yang paling populer.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik