Korea Utara Hadapi Kasus Covid-19 Pertama, Kim Jong Un Perintahkan Lockdown

Korea Utara Hadapi Kasus Covid-19 Pertama, Kim Jong Un Perintahkan Lockdown

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 08:18
share

KOREA UTARA, celebrities.id - Korea Utara melaporkan kasus positif infeksi Covid-19 pertamanya setelah mengklaim bebas virus sejak awal pandemi global berlangsung.

Dilansir Reuters, Jumat (13/5/2022) dari laporan media pemerintah, setidaknya satu orang dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 telah meninggal dan ratusan ribu warga Korea Utara menunjukkan gejala demam.

Mengutip NBC News, Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) menyebutkan saat ini Korea Utara meningkatkan upaya langkah anti-epidemi ke tingkat yang paling maksimal.

Kasus positif pertama di negara pimpinan Kim Jong Un tersebut, diketahui lebih lanjut ditemukan melalui tes sampel yang dikumpulkan pada hari Minggu di Pyongyang.
Sebanyak 350 ribu orang telah menunjukkan gejala demam, termasuk 18 ribu yang baru melaporkan gejala seperti itu pada Selasa lalu. Sekira 162.200 di antaranya telah dirawat, tapi tak disebutkan jelas berapa banyak yang dinyatakan positif Covid-19.

Terkonfirmasi, kasus positif pertama ini adalah karena terinfeksi varian Omicron. KCNA melaporkan kasus Covid pertama ini sebagai kasus darurat paling serius di negara tersebut.

Merespon kasus infeksi Covid pertama di Korea Utara, sang pemimpin Kim Jong Un, disebutkan telah menyerukan semua kota dan kabupaten di negara itu untuk diterapkan penguncian alias lockdown.

Sebagai informasi, selama hampir tiga tahun pandemi global berlangsung, sebelumnya Korea Utara bersikukuh tidak memiliki kasus positif di negaranya, yang mana hal ini dipandang skeptis oleh publik internasional. Para ahli menyebut dengan laporan kasus positif pertama di Korut ini telah menunjukkan situasi yang serius.

Terkait penanganan pandemi dengan vaksin Covid-19, Korea Utara sendiri diketahui selama ini telah menolak beberapa tawaran vaksin dari banyak pihak. Mulai dari program vaksin global gratis WHO, COVAX Facility, China, Rusia, dan Korea Selatan.

Kini, Kim Jong Un dikatakan menerapkan pengisolasian dan perawatan untuk para warga yang mengalami demam sebagai langkah prioritas utama serta memperkuat upaya memasok obat-obatan.

Topik Menarik