10 Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Mudah dan Murah

10 Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Mudah dan Murah

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 01:03
share

JAKARTA, Celebrities.id - Cara menghilangkan karat pada motor sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mempraktekkan sendiri dirumah.

Karat pada motor disebabkan oleh iklim di Indonesia. Intensitas ujan yang tinggi dan genangan air yang kotor dan mengandung asam membuat komponen kendaraan motor kamu mudah berkarat.

Namun tenang, sebab celebrities.id bakal membeberkancara menghilangkan karat pada motor dengan mudah, seperti yang dirangkumdari beberapa sumber, Rabu (09/03/2022) .

Cara menghilangkan karat pada motor

1. Pasta gigi

Cara pertama dan sangat sederhana dalam membersihkan karat pada motor yakni menggunakan pasta gigi. Cairan pembersih gigi ini cukup ampuh dalam membersihkan karat membandel pada komponen motor. Sebab pasta gigi mengandung senyawa fluoride yang dapat membersihkan secara maksimal.

Kamu cukup oleskan bagian motor yang berkarat dengan pasta gigi, kemudian gosokan dan lap menggunakan microfiber. Lakukan berulang kali untuk hasil maksimal.

2. Cuka

Bumbu penyedap dapur seperti cuka juga dipercaya dapat menghilangkan karat pada komponen motor. Hal ini disebabkan cuka mengandung asam tinggi yang dapat merontokan karat pada besi. Namun hanya cuka apel dan cuka putih yang dianjurkan dalam pembersihan karat pada komponen motor.

3. Air coca cola

Air coca cola tidak hanya menyegarkan untuk diminum saja, namun memiliki kandungan keras dan ampuh untuk merontokan karat. Pasalnya air coca cola mengandung asam yang tinggi yang dipercaya para bengkel dapat merontokan karat dengan mudah.

Untuk pembersihan yang maksimal kamu perlu melepas komponen dalam motor dan merendamnya kedalam cairan coca cola. Kemudian sikat perlahan dan bersihkan dan keringkan menggunakan lap microfiber.

4. Gunakan bensin

Bensin juga dipercaya para bengkel dapat menghilangkan karat membandel. Namun bensin yang digunakan yakni ron yang tinggi seperti pertamax turbo. Hal itu disebabkan karena bensin yang bagus dapat merontokan kotoran dan karat dengan zat adiktif di dalamnya.

Namun mengaplikasikan pada komponen motor kamu perlu mencampurkan bensin dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Pembersihan komponen motor yang maksimal sebaiknya kamu gunakan sikat kawat.

5.Pakai Stempet atau gemuk

Stempet atau dikenal dengan sebutan gemuk juga ampuh menghilangkan karat pada komponen motor. Cara penggunaanya kamu hanya mengoleskan cairan gemuk ke area yang berkarat, gosok perlahan dan lap sampai bersih.

Dalam penggunaannya hindari terkena rantai motor sebab akan merusak komponen gear dan rantainya.

6. Baking Soda

Cairan soda terbukti juga dapat merontokan karat yang menempel pada bodi, mesin, rangka dan juga knalpot kamu. Cara penggunaannya sangat mudah, untuk hasil maksimal kamu perlu merendam komponen yang berkarat ke cairan baking soda. Diamkan sebentar sampai karat rontok lalu kamu bisa lap menggunakan microfiber.

7. Pakai Pembersih Keramik

Pembersih keramik ternyata juga banyak digunakan para bengkel untuk merontokan karat pada komponen motor loh. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pembersih keramik ke leyer komponen yang mengalami karat, diamkan sebentar lalu gosok menggunakan sikat dan lakukan berulang sampai hasil maksimal.

8. Gunakan Asam Sitrat

Perlu kamu ketahui bahwa bumbu yang kerap kamu temukan didapur ternyata terbukti ampuh dapat menghilangkan karat loh. Bumbu yang dimaksudkan ialah asam sitrat. Hal ini disebabkan karena asam sitrat mengandung asam yang tinggi dan bisa dipergunakan untuk merontokan karat pada kendaraan,

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus air hingga hangat lalu campurkan asam sitrat didalamnya. Lalu selanjutnya kamu tinggal rendam komponen yang berkarat kedalam cairan tersebut dan diamkan sampai bekerja maksimal.

Jika komponen tersebut sulit direndam maka kamu bisa gunakan cara dengan menyemprotkan rendaman asam sitrat ke bagian karat, diamkan sebentar lalu gosok dengan sikat untuk merontokan karat.

9. Gunakan Rust Remover

Cara menghilangkan karat di motor dengan mudah yakni bisa menggunakan Rush Remover. Obat ini merupakan cairan pembersih karat serbaguna. Kamu bisa aplikasikan ini pada komponen motor dengan bahan besi, logam maupun stainless steel.

Cara menggunakannnya sangatlah mudah, kamu perlu semprotkan pada bagian karat lalu diamkan sekitar 1 menit, selanjutnya barulah kamu lap dengan menggunakan sikat maupun kain halus untuk merontokan karat.

10. Pakai oli bekas

Perlu kamu ketahui bahwa oli bekas yang kamu kira tak berguna kini memiliki manfaat hebat loh. Oli bekas bisa merontokan karat pada komponen motor kamu. Umumnya cara ini kerap digunakan bengkel untuk merontokan karat dengan budget seadanya. Hasilnya pun karat bisa rontok dengan mudah.

Cara penggunaannya kamu cukup oleskan oli pada bagian yang terkena karat. Kemudian kamu gosokan bagian tersebut dengan sikat sampai bersih. Apabila kerak karat tebal maka diamkan dahulu dan gosokan lebih lama.

Topik Menarik