20 Rekomendasi Emulator Android Terbaik dan Paling Ringan

20 Rekomendasi Emulator Android Terbaik dan Paling Ringan

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 00:34
share

JAKARTA, celebrities.id Bagi yang suka bermain game di smartphone tentunya akan memilih emulator android terbaik. Emulator android adalah program yang memungkinkan kamu untuk menggunakan sistem operasi android di PC atau laptop. Dibandingkan dengan smartphone yang layarnya kecil, layar emulator ini jauh lebih besar.

Emulator android juga bisa menjadi pilihan yang tepat buat para gamers dan developers karena pengoperasiannya yang lebih luwes.

Ada banyak pilihan emulator android terbaik yang bisa kamu pilih.
Berikut 20 rekomendasi emulator android yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/5/2022).

1. BlueStacks

BlueStacks adalah emulator android PC yang populer. Selain itu, BlueStacks dikenal sebagai emulator Android paling komprehensif yang dapat dipakai di komputer Windows maupun Mac. Ada banyak fitur di dalamnya untuk meningkatkan pengalaman bermain. Salah satu fitur yang terkenal adalah Instance Manager yang memungkinkanmu menjalankan beberapa aplikasi atau game secara bersamaan.

2. Android Studio Emulator

Android Studio Emulator memiliki fitur yang bisa membuat mengecek kelayakan game atau aplikasi. Namun pengaturan Android Studio Emulator cukup sulit untuk dimengerti sehingga lebih cocok bagi mereka para programi.

3. AMIDuOS

AMIDuOS menyediakan fitur dan dukungan yang lengkap bagi user dan developer aplikasi Android. Kelebihan dari AMIDuOS adalah fitur dan dukungan lengkap, bisa bekerja di Windows 7/8/10. Namun kekurangannya hanya tersedia versi Jellybean dan Lollipop. Untuk mencoba emulator ini kamu bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

4. LD Player

LD Player adalah aplikasi ringan dengan fitur yang mendukung kamu untuk bermain game. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan banyak jenis game mulai dari Epic Seven, Clash of Clans, dan banyak lagi.

5. Andy

Emulator android Andy bisa digunakan pada Windows dan Mac. Andy merupakan salah satu emulator Android PC terbaik dengan fitur gratis. Emulator ini juga menawarkan keleluasaan dalam mengeksplorasi berbagai fitur Android di PC, mulai dari aplikasi, game, launcher, bahkan instalasi akses root sekalipun.

6. GameLoop

GameLoop merupakan pembaruan dari aplikasi terdahulu bernama Tencent Gaming Buddy. Emulator android ini sangat terkenal di kalangan gamer PUBG Mobile karena dukungan langsung dari developer. GameLoop mendukung banyak game Android dengan performa yang kencang. Sayangnya, GameLoop kurang cocok digunakan untuk produktivitas dan pengembangan aplikasi.

7. ARChon

Emulator ARChon perlu diinstal terlebih dahulu di Google Chrome sebagai extension. Otomatis Chrome kamu akan mampu menjalankan aplikasi dan game Android. Kelebihan dari emulator ini bisa dipakai dalam sistem operasi apa pun yang dapat menjalankan Chrome mulai dari Windows, macOS, hingga Linux.

Game battle royale Call of Duty: Warzone akan hadir di smartphone. (Foto: The Verge)
Game battle royale Call of Duty: Warzone akan hadir di smartphone. (Foto: The Verge)

8. KOPlayer

KOPlayer bisa menjadi pilihan kamu sebagai emulator aplikasi mobile untuk PC. Emulator ini bisa menjalankan aplikasi Android di PC dan bisa mengubah keyboard menjadi controller untuk beberapa game Android. Sayangnya masih terdapat banyak bug.

9. Genymotion

Untuk menggunakan emulator Genymotion dibutuhkan keahlian coding khusus. Emulator ini diperuntukkan bagi para developer. Sejauh ini, Genymotion bisa menjalankan emulator smartphone seperti Nexus One dengan Android 4.2 atau Nexus 6 dengan Android 6.0. Untuk mencobanya bisa menggunakan layanan free trial dengan opsi berbayar per tahun.

10. Phoenix OS

Phoenix OS tidak hanya meningkatkan pengalaman penggunanya dalam bermain game Android, tetapi juga bisa dipakai untuk produktivitas pula. Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi melalui emulator ini.

11. Manymo

Manymo bisa digunakan langsung secara online sehingga tidak perlu diunduh lagi. Hal ini menjadi kelebihan Manymo yang tidak menghabiskan ruang penyimpanan PC. Kekurangannya, Manymo menawarkan opsi pembayaran yang cukup mahal untuk para pengguna personal.

12. MuMu

MuMu merupakan produk emulator Android yang berjalan sangat baik. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan alternatif jika BlueStacks dan emulator lainnya tidak dapat dijalankan di komputermu.

13. Nox

Nox adalah emulator ringan yang menawarkan segudang fitur untuk membantu kelancaran dalam bermain game. Selain itu, aplikasi ini bisa untuk Windows dan Mac yang didukung control gamepad.

Gaming
Emulator android terbaik dapat digunakan baik itu di PC atau laptop

14. MEmu

MEmu bisa menjadi pilihan kamu jika mencari emulator yang ringan karena tidak membutuhkan PC dengan spek tinggi. Emulator ini sudah mendukung berbagai versi Android, mulai dari Jelly Bean, Kit Kat, dan lainnya. Salah satu fitur besarnya adalah dukungan pada chipset Intel maupun AMD.

15. Jar of Beans

Jar of Beans adalah emulator Android paling ringan yang menggunakan Basis Android 4.1.1 Jelly Bean. Emulator ini sudah mendukung Intel Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM). Kekurangannya, hanya mendukung android 4.1.1 Jelly bean saja.

16. Windroye

Windroye adalah salah satu emulator terbaik yang paling ringan sehingga bisa digunakan di PC dengan spesifikasi terbatas. Selain itu, emulator ini juga memiliki fitur sederhana dan dapat diunduh secara gratis dengan proses instal cukup mudah.

17. Remix OS Player

Remix OS Player merupakan emulator aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Jide. Remix OS Player mendukung Android hingga versi Marshmallow dan proses instalasinya pun cukup mudah. Kekurangannya, aplikasi ini tidak mendukung CPU berbasis AMD.

18. LeapDroid

Emulator ini membawa android 4.4 KitKat dengan dukungan keyboard mapping untuk bermain game. Kamu bisa mendapatkan opsi unduh game populer seperti Pokemon GO. Sayangnya emulator ini hanya sampai android kitkat saja.

19. YouWave

YouWave merupakan salah satu emulator tertua. Emulator android ini cukup ringan untuk PC dan juga kompatibel di banyak PC. Kekurangan dari emulator ini memiliki fitur terbatas sehingga kemampuan gaming juga terbatas.

20. XePlayer

XePlayer mendukung sistem operasi Windows XP hingga 10 dan kompatibel dengan hampir semua aplikasi dan game. Kekurangannya, XePlayer membutuhkan spesifikasi tinggi untuk performa terbaik.

Itulah 20 rekomendasi emulator android untuk komputer kamu. Kamu bisa mencobanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan laptop atau PC kamu.

Topik Menarik