Tak hanya untuk Minuman, Ini 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Tak hanya untuk Minuman, Ini 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Seleb | celebrities.id | Kamis, 12 Mei 2022 - 23:10
share

JAKARTA, celebrities.id - Daun mint atau lebih dikenal dengan Pudina merupakan salah satu jenis tumbuhan yang umum digunakan sebagai tambahan makanan atau minuman. Selain menyegarkan jenis daun ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Diketahui daun mint memiliki sifat antibakteri yang cukup kuat. Kandungan yang ada dalam daun mint tersebut, sering digunakan dalam bahan untuk pembersih, astringent, toner, dan pelembab.
Lalu apa saja manfaat untuk kesehatan dan kecantikkan kulit Anda? Seperti dilansir dari laman Style Craze, Kamis (12/5/2022) berikut ulasannya.

1. Mencerahkan Kulit

Selain bengkoang atau lemon, tahukah Anda daun mint mampu membantu mencerahkan kulit. Hal ini pun jarang diketahui lho oleh sebagian orang. Padahal jenis dedaunan tersebut kaya manfaatnya, khususnya untuk kecantikan.

Ketika menyentuh kulit, mint memiliki efek yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Jika Anda mengaplikasikannya menjadi sebuah tambahan make up, maka akan merasakan sensasi sejuk dan juga sekaligus mencerahkan.

2. Mengobati Jerawat

Daun mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Keduanya secara efektif dapat mencegah jerawat, yang dapat merusak penampilan cantik Anda.

Daun ini juga mengandung vitamin A, bisa mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Selain itu, mint juga dapat mengeringkan dan menghilangkan jerawat, serta memperkecil ukuran pori-pori.

3. Menghilangkan Komedo

Tak hanya jerawat, daun mint juga bisa membantu menyingkirkan komedo yang membandel. Terutama di bagian hidung, kerap terlihat bintik hitam yang mana telah menyumbat pori-pori.

Komedo berasal dari tumpukkan kotoran yang mengendap di pori-pori bagian hidung. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan mint sebagai bahan alami agar kulit menjadi bersih tanpa kotoran.

4. Menghilangkan Iritasi

Iritasi pada kulit seperti gatal karena alergi atau gigitan nyamuk, cukup mengganggu Anda dan meninggalkan bekas yang biasanya bewarna merah.

Anda bisa mencegah dan menghilangkan iritasi tersebut dengan menggunakan mint. Sifat anti-inflamasi yang kuat dari bahan ini meredakan iritasi akibat gigitan nyamuk dan kondisi yang memperburuk kulit lainnya.

5. Menghidrasi Kulit

Saat digunakan dengan bahan yang tepat, mint dapat mengunci kelembaban di kulit Anda dengan cara mengencangkan pori-pori. Selain itu, mint juga dapat melembutkan dan menenangkan kulit kering dan gatal karena alergi atau gigitan nyamuk.

Tak lupa dibantu dengan minum air putih yang cukup, agar kulit Anda tetap segar, terhidrasi dan tidak mudah menua atau cepat keriput. Kadar air yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Topik Menarik