Akun Bank Bodong Semakin Merajalela, Ini Ciri dan Cara Menghindarinya

Akun Bank Bodong Semakin Merajalela, Ini Ciri dan Cara Menghindarinya

Seleb | celebrities.id | Kamis, 12 Mei 2022 - 19:38
share

JAKARTA, celebrities.id - Tidak pernah kehabisan akal, para pelaku penipuan terus mengupgrade kemampuannya dalam menjaring korban. Terbaru dan yang lagi marak adalah dengan mengaku-ngaku sebagai akun customer service bank.

Penipuan dengan cara ini kerap dijumpai di media sosial Twitter. Biasanya mereka akan muncul ketika pengguna membuat cuitan keluhan atau mengajukan pertanyaan seputar bank. Mereka akan berpura-pura membantu.

Para penipu ini memanfaatkan kepanikan nasabah bank yang memposting keluhan di media sosial. Biasanya mereka menggunakan bot auto-reply untuk meyakinkan sekaligus menggiring korban agar terjerumus.

Saat melancarkan aksinya, mereka akan lebih dulu meminta nasabah untuk mengisi form online. Kalau sudah menemukan hal ini, sudah sepatutnya hati-hati karena costumer service bank seharusnya tidak akan meminta data pribadi.

Untuk pembaca sekalian, berikut ini adalah ciri-ciri akun bank bodong yang wajib dihindari, seperti dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (12/5/2022).

Ciri akun bodong

Nah kalau sudah mengetahui ciri-ciri akun bodong, ketahui juga cara menghindarinya. Adapun menghindari akun bodong adalah sebagai berikut:

Cara menghindari akun bodong

Topik Menarik