Hobi Makan Gorengan? Ini Risiko Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Hobi Makan Gorengan? Ini Risiko Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Seleb | celebrities.id | Kamis, 12 Mei 2022 - 16:09
share

JAKARTA, celebrities.id - Siapa yang tak suka makan gorengan? Camilan khas Indonesia ini memiliki banyak pecinta. Tapi, tanpa disadari gorengan ternyata memiliki berbagai penyakit dalam tubuh.

Dokter Spesialis Gizi tidak melarang siapapun untuk menyantap makanan yang digoreng, seperti gorengan. Dia mengingatkan agar meminimalisirnya dalam menu diet sehari-hari.

"Kenapa mengonsumsi gorengan atau lemak yang tinggi tidak boleh berlebihan karena energinya atau kalorinya dua kali lipat lebih tinggi dari karbohidrat dan protein," ujar Ahli Gizi, dr Elfina Rachmi, MGizi, SpGK, Kamis (12/5/2022).

Dia menyarankan agar memilih lemak baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan. Di mana dia merekomendasikan agar orang-orang mengetahui status gizi masing-masing yakni melalui perhitungan indeks massa tubuh (IMT).

"Kita cukup mengetahui berat badan dalam kg dan tinggi badan dalam meter saat ini. Kita bagi berat badan dan tinggi badan (dalam satuan kuadrat meter). Tinggal dilihat indeks massa tubuhnya," tuturnya.

Melansir WebMD, sebuah penelitian yang diterbitkan 2017 yang pertama menghubungkan makan kentang goreng dengan resiko kematian. Studi itu menemukan di mana orang kaitannya makan gorengan termasuk kentang goreng lebih dari dua kali seminggu maka akan lebih mungkin meninggal lebih awal daripada mereka makan kentang goreng jarang mengonsumsinya.

Sementara, Healthline menerangkan makan lebih banyak makanan yang digoreng dikaitkan dengan risiko lebih besar bisa terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

"Makanan digoreng sering dimasak dalam minyak nabati atau biji-bijian olahan. Saat dipanaskan, minyak ini dapat membentuk lemak trans, berhubungan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk peningkatan risiko beberapa penyakit," tulisnya di website resminya.

Topik Menarik