Begini Cara Cegah Penyebaran Hepatitis Akut saat PTM, Sudinkes Jakbar Sosialisasi ke Sekolah

Begini Cara Cegah Penyebaran Hepatitis Akut saat PTM, Sudinkes Jakbar Sosialisasi ke Sekolah

Seleb | celebrities.id | Kamis, 12 Mei 2022 - 09:02
share

JAKARTA, celebrities.id - Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat melakukan sosialisasi terkait bahaya penyakit hepatitis akut ke sekolah-sekolah. Langkah itu dilakukan mengingat penyakit tersebut sudah banyak menyerang anak-anak.

"Sudah dilakukan sosialisasi lintas sektoral dengan Sudin Pendidikan satu dan dua terkait hal tersebut," kata Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudinkes Jakbar Arum Ambarsari saat dihubungi, Kamis (12/5/2022).

Guna mencegah penyebaran penyakit tersebut, pihaknya mengimbau kepada seluruh siswa untuk selalu menjaga pola hidup bersih. Terutama memilih makanan atau jajanan saat jam istirahat sekolah.

Baiknya, Arum menyarankan kepada orang tua murid untuk membawa bekal makanan anaknya dari rumah. Hal itu agar dapat terjamin kebersihannya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada civitas sekolah untuk memperkuat protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Serta apabila anak sakit tidak diperkenankan masuk sekolah," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut saat ini tercatat 21 kasus diduga hepatitis akut di Ibu Kota. Dari jumlah itu tiga orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

"Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Meski demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiolog," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (11/5/2022).

Kendati demikian, Ariza tidak merinci data sebaran kasus tersebut. Sebab data lengkapnya ada Dinas Kesehatan.

"Yang 21 itu di Jakarta, tapi yang korban (meninggal) sudah tiga. Kita berharap yang meninggal tidak bertambah lagi," tuturnya.

Topik Menarik