Kenali Gejala Hepatitis Akut, Begini Cara Mengatasi pada Pertolongan Pertama

Kenali Gejala Hepatitis Akut, Begini Cara Mengatasi pada Pertolongan Pertama

Seleb | celebrities.id | Selasa, 10 Mei 2022 - 18:25
share

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit hepatitis akut misterius ditemukan pertama kali di Inggris pada 5 April 2022. Penyakit tersebut menyerang anak-anak. Badan kesehatan dunia (WHO) pun sampai saat ini belum dapat memastikan penyebabnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala hepatitis akut dan pertolongan pertama untuk mengatasi penyakit ini.

Mengutip dari berbagai sumber, Selasa (10/5/2022), WHO menyatakan bahwa hepatitis akut menyerang anak-anak, terutama yang berusia di bawah 10 tahun. Bahkan, 17 dari 170 anak yang mengidap penyakit ini membutuhkan transpalantasi hati.

Berdasarkan data WHO pada 21 April 2022, setidaknya ada 169 kasus hepatitis akut yang tidak diketahui asalnya telah dilaporkan dari 11 negara di Eropa dan satu di Amerika Serikat.

Penyebab Hepatitis

Hepatitis akut sama seperti umumnya, yaitu peradangan atau inflamasi pada liver atau hati. Hanya saja, penyakit ini menyerang secara tiba-tiba dan relatif dalam jangka waktu yang singkat. Adapun penyebab paling umum penyakit hepatitis ini antara lain:

- Infeksi bakteri,
- Kerusakan liver, dan
- Cedera pada bagian liver.

Gejala Hepatitis Akut

Gejala klinis pada seorang yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati yang nyata. Gejala dari penyakit ini diantaranya:
- Sakit perut,
- Diare,
- Mual,
- Nafsu makan yang menurun,
- Nyeri pada hati,
- Urine berwarna keruh dan penyakit kuning,
- Fases berwarna pucat,
- Nyeri otot dan sendi, dan
- Peningkatan kadar enzim hati.

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Hepatitis Akut

Penting bagi para orang tua untuk memahami pertolongan pertama apabila anak mengalami gejala hepatitis akut. Berikut langkah pertolongan pertama sebelum anak dibawa ke rumah sakit atau puskesmas.

1. Paracetamol

Memberikan obat penurun demam seperti paracetamol, supaya demam anak mereda saat sudah dibawa ke rumah sakit.

2. Obat anti mual

Biasanya pengidap penyakit ini disertai rasa mual. Sehingga, sebaiknya orang tua memberikan obat anti mual sesuai dosis.

3. Obat diare

Anak yang terinfesi virus ini bisa saja merasakan diare. Orang tua dapat memberikan obat anti diare seperti oralit dan obat-obatan lain.

4. Cukupi kebutuhan cairan anak

Hepatitis umumnya ditandai dengan gejala mual, diare, dan muntah. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan anak kekurangan cairan. Untuk itu, penting memenuhi kebutuhan cairan si kecil.

5. Segera bawa penderita ke rumah sakit

Segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapat penanganan dan perawatan dari tenaga kesehatan, supaya tidak memperburuk kondisi anak.

Topik Menarik