Langgar UU Lalu Lintas, Polisi Panggil Komunitas Sepatu Roda yang Meluncur di Tengah Jalan Gatot Soebroto

Langgar UU Lalu Lintas, Polisi Panggil Komunitas Sepatu Roda yang Meluncur di Tengah Jalan Gatot Soebroto

Seleb | celebrities.id | Senin, 9 Mei 2022 - 22:06
share

JAKARTA, celebrities.id - Polda Metro Jaya akan memanggil komunitas pesepatu roda yang sempat viral karena menyalip motor dan mobil di tengah Jalan Gatot Soebroto (Gatsu) pada Selasa (10/5/2022). Komunitas akan dipanggil untuk diberikan edukasi.

Polda Metro dalam waktu dekat akan panggil komunitas tersebut pada Selasa di Subdit Gakkum untuk berikan edukasi terkait kegiatan yang bahayakan keselamatan diri mereka dan orang lain ke depan diharapkan gak terulang lagi, kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Senin (9/10/2022).

Zulpan menjelaskan, aksi pesepatu roda itu melanggar Undang-Undang No.29 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Bahwa, jalan raya tidak diperuntukan untuk sepatu roda tapi hanya untuk kendaraan roda empat atau roda dua atau lebih yang digerakan mesin.

Tidak peruntukan sepatu roda melintas di jalan protokol, ujar Zulpan.

Sebelumnya, sebuah video rombongan pesepatu roda salip motor dan mobil jalan Gatot Soebroto (Gatsu) Jakarta Selatan viral di media sosial. Video berdurasi 44 detik itu diunggah oleh Analis Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor.

Jalan raya bukan untuk tempat maen sepatu roda, tulis Joshua di akun Instagram @banjarnahor.

Para pesepatu roda lebih dari sepuluh orang itu terlihat menggunakan lajur tengah membelah pengguna jalan lainnya. Mereka berbaris meluncur ke arah Slipi.

@monastana gimana ini klub olahraga buat sehat bukan buat bahayain orang, tulis Joshua sambil menyebut akun Monastana Skating Team.

Beberapa motor dan mobil yang dilewatinya sempat memberi peringatan klakson, namun hal itu tak dihiraukan rombongan. Mereka tetap memacu kecepatan di tengah jalan dan menyalip kendaraan di depannya.

Bahkan salah satu pesepatu roda terlihat marah saat pengemudi mobil menyuarakan klakson berulang kali di belakangnya.

Membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, udah salah nantang pula, tulis Joshua.

Topik Menarik