Gejala Baru Hepatitis Misterius, Kulit Jadi Gelap

Gejala Baru Hepatitis Misterius, Kulit Jadi Gelap

Seleb | celebrities.id | Senin, 9 Mei 2022 - 15:00
share

JAKARTA, celebrities.id - Hepatitis misterius menjadi ancaman baru di tengah pandemi Covid-19 yang perlahan membaik. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak.

Hepatitis misterius dapat dikenali dari gejala khasnya. Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengatakan ada beberapa gejala khas penyakit ini, khususnya di kulit anak.

"Kulit dan mata berwarna kuning," kata dr Piprim dalam pernyataan resminya, Senin (9/5/2022).

Tak hanya kulit jadi kuning, menurut dr Piprim, kulit anak menggelap pun perlu dikhawatirkan dan segera melakukan pemeriksaan lanjutan. "Jadi, hepatitis misterius ini juga bikin kulit anak menggelap seperti warna cola," katanya.

Selain gejala di kulit, secara lengkap dr Piprim menerangkan bahwa gejala hepatitis misterius itu antara lain perubahan warna kulit menjadi gelap (seperti cola), feses pucat, kuning pada mata dan kulit.

Kemudian, gejala gatal, nyeri sendi, pegal-pegal, mual-muntah, nyeri perut, lesu, lelah, lemas, dan kehilangan nafsu makan, serta diare. "Nah, pada gejala beratnya ialah penurunan kesadaran dan kejang-kejang," kata dr Piprim.

"Pada pemeriksaan laboratorium, terlihat peningkatan hasil SGOT dan SGPT lebih dari 500 unit per Liter atau 10 kali dari nilai normal," tuturnya.

Topik Menarik