Loading...
Loading…
5 Manfaat Kesehatan Kacang Merah, dari Cegah Kanker hingga Perkuat Tulang

5 Manfaat Kesehatan Kacang Merah, dari Cegah Kanker hingga Perkuat Tulang

Seleb | celebrities.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 17:18

JAKARTA, celebrities.id - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Kacang merah juga dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan maupun minuman yang menyegarkan.

Tak hanya tinggi serat, kacang merah ternyata memeliki nutrisi penting lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh seperti zat besi, tembaga, folat, dan mangan.

Dilansir dari Stylecraze, Minggu (8/5/2022), berikut manfaat kacang merah yang baik untuk kesehatan. 1. Membantu pengobatan diabetes

Menurut American Diabetes Association, kacang-kacangan dapat membantu mengatur kadar gula darah dan lebih baik daripada kebanyakan makanan bertepung lainnya.

Protein dalam kacang juga membantu dalam mengatur kadar gula darah. Para peneliti juga menemukan bahwa memasangkan kacang merah dengan nasi dapat menghentikan lonjakan gula yang tidak sehat.

2. Membantu mencegah kanker

Kacang merah adalah sumber antioksidan yang luar biasa yang dapat membantu memerangi kanker. Serat yang dikandung kacang merah juga dapat berkontribusi membantu melawan berbagai bentuk kanker pencernaan.

Menurut American Institute for Cancer Research, lignan dan saponin yang terkandung dalam kacang merah memiliki kemampuan untuk melawan kanker.

Baca Juga :
Mengenal 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan, Baik Bagi Tulang dan Cegah Kanker

3. Dapat turunkan berat badan

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bagaimana serat dapat berdampak positif pada berat badan. Serat membuat kenyang dan juga meningkatkan efek termis dari makanan (energi yang dibutuhkan untuk memecah makanan).

Kacang merah juga merupakan sumber makanan protein yang lebih mengenyangkan daripada karbohidrat dan dapat membantu penurunan berat badan.

4. Perkuat tulang

Kandungan kalsium, magnesium, serta folat dalam kacang merah dapat memperkuat tulang, mencegah osteoporosis, hingga memperkuat sendi-sendi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kacang merah mungkin baik untuk penderita asam urat, karena kandungan proteinnya (walaupun mengandung purin dalam jumlah sedang).

5. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi kacang, termasuk kacang merah, telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam penelitian lain, konsumsi kacang merah menyebabkan penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Baca Juga :
Manfaat Buah Sirsak

Kacang merah juga kaya akan potasium, nutrisi penting lainnya yang diketahui mengatur tingkat tekanan darah. Suplementasi kalium sangat penting karena sebagian besar makanan olahan yang kita konsumsi rendah kalium dan membuat kita kekurangan mineral.

Original Source

Topik Menarik

{