Loading...
Loading…
Kemenkes Pastikan Wabah Hepatitis di Indonesia Bukan akibat Vaksinasi Covid-19

Kemenkes Pastikan Wabah Hepatitis di Indonesia Bukan akibat Vaksinasi Covid-19

Seleb | celebrities.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 17:05

JAKARTA, celebrities.id - Terjawab sudah soal keberadaan wabah Hepatitis di Indonesia. Dengan tegas, Kementerian Kesehatan membantah jika kehadiran Hepatitis diakibatkan gegara vaksinasi Covid-19.

Benarkah Hepatitis Akut disebabkan oleh Vaksinasi Covid-19? Tidak benar!, tulis pernyataan Kementerian Kesehatan di Twitter resminya, Minggu (8/5/2022).

Lewat pernyataan tersebut, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa tidak ada kaitannya antara vaksinasi Covid-19 dan hepatitis akut.

Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan antara keduanya, melainkan adanya kejadian yang bersamaan, tulisnya.

Beberapa waktu lalu, Lead Scientist untuk kasus ini, Prof dr Hanifah Oswari, SpA(K) juga mengungkapkan hal serupa.

Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar, ujarnya.

Dia menjelaskan sampai saat ini juga belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis akut dengan virus Covid-19. Dia menduga bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dan sebagainya.Untuk mencegah risiko infeksi, dia menyarankan agar orangtua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

Baca Juga :
Adakah Hubungan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid, Ini Fakta Lengkapnya

Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain, serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit, tuturnya.

Selain itu, untuk mencegah penularan hepatitis akut melalui saluran pernafasan dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Di antaranya memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Original Source

Topik Menarik

{