Loading...
Loading…
Cegah Hepatitis Akut pada Anak, Dokter Ingatkan Kebersihan Tangan

Cegah Hepatitis Akut pada Anak, Dokter Ingatkan Kebersihan Tangan

Seleb | celebrities.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 14:05

JAKARTA, celebrities.id - Kasus Hepatitis akut pada anak kini tengah menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, peyakit itu ikabarkan masuk pula ke Indonesia. Dokter anak pun mengimbau agar tetap menjaga kebersihan tangan hingga makanan yang dikonsumsi anak.

Cara penularan penyakit Hepatitis akut ini, diduga melalui saluran pencernaan dan pernafasan anak, sehingga dokter anak menyarankan orangtua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan pakai sabun, memastikan makanan/ minuman dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang sakit agar anak-anak kita tetap sehat, kata Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI dalam keterangan pers Update Perkembangan Hepatitis Akut, Kamis (5/5/2022).

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muzal Kadim, SpA(K), menjelaskan bahwa hepatitis akut sebagian besar ditularkan lewat saluran cerna atau mulut melalui tangan yang terkontaminasi dengan virus atau melalui makanan, minuman dan alat makan.

Baca Juga :
5 Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak Menurut Ahli

Dalam sesi tanya jawab diskusi secara virtual pada Sabtu (7/5/2022), Muzal mengatakan terdapat dugaan penularan yang terjadi lewat droplet atau percikan cairan liur. Dengan ini, menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dan sanitasi makanan, cara mencegah Hepatitis akut bergejala berat yang belum diketahui penyebabnya

"Sampai saat ini yang bisa dilakukan paling baik adalah pencegahan untuk penularan lewat oral seperti cuci tangan, kebersihan dari makanan, sanitasi. Kemudian, mencegah pada kasus-kasus yang sudah ada gejala, misalnya muntah, diare, sakit perut, kita menghindari supaya tidak kontak lewat tangan dan yang masuk ke dalam mulut," katanya.

Kendati demikian, Muzal mengungkap beberapa gejala penyakit akut misterius, dikenal juga dengan istilah acute hepatitis of unknown aetiology, sebagian besar menginfeksi melalui saluran cerna seperti muntah, diare, sakit perut dan demam.

Kemudian, gejala lanjutannya bagian tubuh menguning seperti di kelopak mata atau badan, jika sudah masuk dalam kategori berat. Dia menegaskan bila gejala yang lebih berat, bisa menyebabkan kesadaran anak menurun ketika banyak sel hati yang rusak.

Baca Juga :
Waspada! Ini Cara Penularan Hepatitis Akut pada Anak Menurut Menteri Kesehatan

"Jadi, tergantung derajatnya, kalau kerusakannya makin berat gejalanya juga semakin berat. Bahkan bisa menimbulkan kesadaran menurun sampai kejang dan kalau tidak ditangani menyebabkan kematian," kata Muzal.

Original Source

Topik Menarik