Festival Balon Udara Tambat 2022 Meriahkan Pariwisata Pekalongan di Libur Lebaran

Festival Balon Udara Tambat 2022 Meriahkan Pariwisata Pekalongan di Libur Lebaran

Seleb | celebrities.id | Minggu, 8 Mei 2022 - 13:37
share

PEKALONGAN, celebrities.id - Usai dua tahun vakum digelar, Kota Pekalongan kembali menyelenggarakan Festival Balon Udara Tambat bertajuk Balloon Attraction Pekalongan 2022 yang diinisiasi Komunitas Sedulur Balon Pekalongan bersama Pemerintah Kota Pekalongan, bertempat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Minggu (8/5/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 32 komunitas balon di Kota Pekalongan. Balloon Atraction Pekalongan 2022 menjadi ruang kreasi yang disediakan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan untuk melestarikan tradisi menerbangkan balon udara dengan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, SE mengaku Balloon Atraction Pekalongan 2022 bisa terselenggarakan secara mendadak, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ketentuan dalam penyelenggaraan acara ini di antaranya balon ditambatkan dan peserta menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Alhamdulillah atas inisiasi Komunitas Sedulur Balon Kota Pekalongan, karena Syawalan Lopis sudah diperbolehkan, mereja juga ingin berekspresi karena kegiatan balon udara tambat ini eventnya sangat jarang sekali sehingga dari mereka ini perlu diwadahi untuk memeriahkan acara Syawalan di Kota Pekalongan," tutur Aaf, sapaan akrab Wali Kota Pekalongan.

Menurutnya, kegiatan Balloon Atraction Pekalongan 2022 sebagai ajang kopi darat/sambung seduluran antar komunitas balon ini luar biasa meskipun dilaksanakan secara mendadak dengan peserta yang terbatas. Bahkan, antusias masyarakat yang hadir memadati lapangan Mataram untuk menyaksikan tradisi balon udara ini sangat tinggi.

Pihaknya berharap, di tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kota Pekalongan bersama Airnav Indonesia dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan bisa memfasilitasi kembali kegiatan Festival Balon Tambat seperti di tahun 2019 silam yang sukses digelar di Stadion Hoegeng Pekalongan.

"Kreasi balon balon pun sangat luar biasa, meskipun mendadak tetapi acara hari ini sudah bagus dan patut diapresiasi," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standarisasi Airnav, Bambang Rianto mengungkapkan bahwa, Airnav Indonesia sebagai satu-satunya pelayanan lembaga yang mengelola navigasi penerbangan di Indonesia mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran Pemkot dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini meski dengan keterbatasan SDM, waktu, tenaga, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menjaga tradisi dan budaya balon namun tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan wilayah udara Indonesia.

"Pasalnya, kalau terjadi sesuatu pada pesawat yang berhadapan dengan penerbangan balon sehingga terjadi accident, nama baik Indonesia taruhannya. Kami harapkan, di tahun mendatang kita semua bisa lebih siap mengorganisir seluruh Sumber Daya yang ada dan mulai menggabungkan lintas wilayah dari Pekalongan ke Wonosobo atau sebalikny sebagai bentuk keberagaman sehingga tetap terjaga. Mari kita jaga bersama keselamatan dan keamanan baik di udara dan darat," ujar Bambang.

Ditambahkan Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan, Priyadi mengatakan bahwa, pihaknya mengadakan Ballon Atraction Pekalongan 2022 merupakan temu kangen atau sambung seduluran karena sudah 2 tahun tidak ada kegiatan di momen syawalan.

"Peserta kami batasi 32 peserta. Kami hanya butuh wadah untuk menyampaikan aspirasi kami atau melestarikan tradisi di Kota Pekalongan, mudah mudahan kedepan ada festival Ballon," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, STP, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, Wakil Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Istiqomah, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi, Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara, Kementerian Perhubungan, Capt Novyanto Widadi, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya, M Anis, dan instansi terkait lainnya.

Topik Menarik