Nyaris Meninggal akibat Badai Sitokin, Deddy Corbuzier Petik Tiga Pelajaran Berharga

Seleb | celebrities.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 10:06
Nyaris Meninggal akibat Badai Sitokin, Deddy Corbuzier Petik Tiga Pelajaran Berharga

JAKARTA, celebrities.id - Pertengahan tahun 2021 lalu, mentalis sekaligus YouTuber Deddy Corbuzier sempat membuat publik heboh. Hal itu lantaran ayah Azka Corbuzier itu mengumumkan terpapar Covid-19.

Bak disambar petir, Deddy yang selama ini sangat aktif menjaga tubuhnya dengan gaya hidup sehat tidak pernah menyangka dirinya bisa terpapar virus mematikan itu. Terlebih lagi. dia selalu berhati-hati.

Bahkan, kondisi ayah satu anak itu sempat berada di ambang kematian. Pasalnya, Deddy mengalami badai sitokin yang menyebabkan paru-parunya rusak hingga 60 persen selama dua hari.

Tak ayal, pemandu Podcast Close The Door itu pun harus berjuang di UGD selama beberapa hari. Deddy kala itu dirawat oleh dokter Gunawan dan tim. Beruntung, atas campur tangan Tuhan dan dibantu tim medis, Deddy Corbuzier pun berangsur mulai membaik.

Melalui podcast yang tayang di YouTube miliknya, Deddy Corbuzier menceritakan perjuangannya untuk sembuh melawan Covid-19 dan badai sitokin.

Awalnya Deddy Corbuzier terpapar Covid-19 tanpa gejala. Namun, dia kemudian mengalami demam cukup tinggi dan kesehatannya mulai menurun.

Kondisi Deddy pun semakin memburuk karena adanya badai sitokin. Ia pun dilarikan ke rumah sakit. Dokter Gunawan yang merawat Deddy mengatakan peradangannya terus meningkat berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

Untuk membantu pria 44 tahun itu melewati masa-masa tersebut, dr Gunawan lantas memberikannya obat steroid, yakni Dexamethasone. Obat ini berfungsi untuk menekan peradangan demi mencegah kerusakan di paru lebih meluas.

Selain obat-obatan yang diberikan dokter, Deddy mengatakan yang bisa membantunya sembuh dari badai sitokin itu lantaran pola hidup yang sehat. Belum lagi ia juga mengkonsumsi beberapa vitamin dengan dosis tinggi.

Menurutnya jika pola hidupnya tak sehat, bisa saja virus itu menggerogotinya hingga meninggal dunia.

Atas kejadian tersebut, Deddy Corbuzier lantas memetik tiga pelajaran berharga. Pertama, dia merasa mungkin terlalu sombong dengan kesehatannya sehingga ketika terpapar Covid-19 dia pun kecewa. Meski begitu, dengan pola hidup yang sehat pula yang bisa membantu Deddy Corbuzier berhasil sembuh dan pulih lebih cepat.

Kedua, ayah Azka Corbuzier itu juga telah merasakan ada di ambang kematian. Bahkan dia sudah mengatakan hal yang macam-macam kepada sang putra, Azka.

Ketiga, bagi mereka yang tidak percaya dengan adanya virus Covid-19 hingga menuding pihak rumah sakit sengaja meng-Covid-kan pasien demi kepentingan tertentu, Deddy menyebut mereka bodoh. Sebab mereka tidak tahu bagaimana tim medis yang berusaha menolong para pasien.

Itulah perjuangan Deddy Corbuzier untuk sembuh kala mewalan badai sitokin. Pada intinya pola hidup sehat yang akan membantu tubuh kita untuk menangkal segala penyakit.

Artikel Asli