Tata Cara Salat Tahajud, Lengkap Beserta Doa dan Artinya

Tata Cara Salat Tahajud, Lengkap Beserta Doa dan Artinya

Seleb | celebrities.id | Minggu, 8 Mei 2022 - 01:14
share

JAKARTA, celebrities.id - Kaifiyah atau tata cara salat tahajud perlu diketahui oleh umat Islam, meski hukumnya adalah sunah, namun salat ini memiliki banyak sekali keutamaan.

Dikutip dari buku Berkah-berkah Sepertiga Malam yang Terakhir karya Wahyudi Nur Arifin, Allah sangat mencintai umatnya yang menjalankan salat Tahajud.

Rasulullah SAW bersabda:

"Dan tidak henti-hentinya hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan nafilah, sehingga aku mencintainya. Apabila dia memohon kepadaku, pasti Aku kabulkan. Jika dia memohon perlindunganKu, pasti aku lindungi" (HR. Bukhari).

Berikut ini adalah tata cara salat tahajud dan doanya:

1. Salat tahajud dilakukan di waktu sepertiga malam

Biasanya umat Islam melaksanakannya antara pukul dua hingga tiga dini hari menjelang Subuh.

2. Membaca niat salat tahajud:

Ushalli sunnatat tahajjudi rakataini lillhi tal.

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.

3. Melakukan takbiratul ihram dan membaca doa iftitah seperti pelaksanaan sholat pada umumnya.

4. Membaca Surah Al-fatihah dan Surah lainnya yang ada di dalam Alquran.

5. Rukuk dan tumaninah.

6. Sujud dengan tumaninah.

7. Kemudian berdiri kembali melanjutkan rakaat kedua dengan gerakan yang sama. Jumlah rakaat salat tahajud sebanyak dua rakaat.

8. Pada rakaat terakhir membaca tahiyat akhir. Lalu salam.

9. Terakhir adalah membaca doa salat tahajud, yaitu yang diriwayatkan Ibnu Abbas adalah sebagai berikut:

.

Allaahumma lakalhamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, laka mulku samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu, anta malikus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu, antal haqqu, wawadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, waqauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wannabbiyuuna haqqun, wa muhammadun sallaahu alaihi wa sallama haqqun, wassaatu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, waalaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu wamaa akhrartu, wamaa asrartu wamaa alantu, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: Ya Allah, bagi Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mulah saya berserah diri, kepada-Mulah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal. Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada tuhan melainkan Engkau."

Topik Menarik