Pelabuhan Merak Operasikan 7 Dermaga Sekaligus, Antisipasi Kemacetan di Arus Balik Libur Lebaran

Pelabuhan Merak Operasikan 7 Dermaga Sekaligus, Antisipasi Kemacetan di Arus Balik Libur Lebaran

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 11:37
share

CILEGON, celebrities.id - Mengantisipasi kemacetan di Pelabuhan Merak di arus balik, pemerintah mengoperasikan tujuh dermaga sekaligus.

Puncak arus balik mudik Lebaran 2022 mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Hal tersebut tergambar dari meningkatnya volume kendaraan yang melakukan proses bongkar kapal di pelabuhan merak.

Mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2022, beberapa dermaga di pelabuhan merak saat ini hanya melayani bongkar dan tidak melayani muat. Artinya kapal yang bersandar hanya menurunkan penumpang dan kembali ke Pelabuhan Bakauheni untuk mengambil penumpang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan setidak ada tiga dermaga di pelabuhan merak yang tidak melayani muat kendaraan, yaitu Dermaga 3, Dermaga 4, dan Dermaga 7. Ketiga dermaga tersebut saat musim arus balik hanya melayani bongkar kapal.

"Untuk mendukung arus balik Lebaran 2022 dioperasikan tujuh dermaga, nantinya ada tiga dermaga, yaitu dermaga 3, 4 dan 7 akan digunakan hanya bongkar saja disini dan langsung kembali ke Bakauheni," ujar Sigit Haryono di Pelabuhan Merak, Sabtu (7/5/2022).

Meski demikian masyarakat yang mau melakukan Penyeberangan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak masih bisa melakukan penyeberangan melalui dermaga lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses bongkar kapal yang ada di pelabuhan Merak sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan maupun antrean kendaraan yang hendak masuk ke kapal.

Seperti di ketahui frekuensi penyeberangan dari pelabuhan Merak ke Bakauheni tergolong masih tinggi meski sudah lewat hari H lebaran. Namun tetap tidak setinggi masyarakat yang melakukan penyeberangan dari Bakauheni ke Merak.

Misalnya seperti data yang dikeluarkan per Jumat, 6 Mei 2022, diketahui masyarakat yang melakukan penyeberangan ada sejumlah 54 ribu penumpang.

Angka tersebut hampir sama dengan jumlah volume kendaraan arus mudik dari Pelabuhan Merak ke Bakuheni pada H-4 sebelum hari raya lebaran sebelumnya.

Topik Menarik