Hepatitis Akut pada Anak Bikin Heboh, PTM Dihentikan?

Hepatitis Akut pada Anak Bikin Heboh, PTM Dihentikan?

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 11:01
share

JAKARTA, celebrities.id - Dunia tengah dihebohkan dengan adanya penyakit Hepatitis akut yang menyerang anak-anak, termasuk di Indonesia. Melihat perkembangannya, muncul asumsi publik apakah pembelajaran tatap muka (PTM) akan dihentikan?

Mendengar itu, Dr dr Muzal Kadim, SpA(K), Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI memberikan respons belum dapat dipastikan. Sebab Hepatitis akut misterius tersebut belum bisa dipastikan sudah masuk ke Indonesia atau belum.

"Karena tidak tahu dalam perkembangan lebih lanjut karena saat ini kita masih dalam tahap investigasi," ujar Dr Muzal dalam Zoom Meeting, Sabtu (7/5/2022).

Dia menegaskan bahwa Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), belum dapat memberikan keputusan atau rekomendasi soal PTM ditunda sementara.

Ketiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut, belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Sehingga dia menyarankan agar masyarakat dapat menunggu hasil investigasi dan perkembangan soal Hepatitis akut misterius ini.

"Sampai saat ini belum ada keputusan IDAI untuk menyarankan PTM itu (diberhentikan dalam waktu tertentu)," tuturnya.

"Apakah benar-benar sudah ada kasusnya masuk ke indonesia? Atau memang itu kasus-kasus yang sporadis, penyakit jarang atau tidak teratur atau di daerah-daerah tertentu. Jadi, kita belum memutuskan itu," ucap Dr Muzal menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Muzal mengungkap bila mungkin ada peluang Hepatitis akut ini meluas. Namun, hal itu belum dapat dipastikan, sebab masih dalam tahap investigasi oleh Kementerian Kesehatan.

"Iya bisa saja, berprotensi meningkat kasusnya jadi masih dalam perkembangan, bisa saja kebijakan berubah-ubah setiap waktu, bisa saja PTM. Kemungkinan, tapi melihat situasi kedepannya nanti sesuai perkembangannya," kata Dr Muzal.

Topik Menarik