4 Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut pada Anak, Nomor 1 Waspadai Gejala Awal

4 Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut pada Anak, Nomor 1 Waspadai Gejala Awal

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 09:43
share

JAKARTA, celebrities.id - Dunia dibuat cemas atas wabah Hepatitis akut menyerang anak-anak. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab dari penyakit tersebut.

"Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejala berat, karena berat kita kehilangan momentum bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan menyelematkannya sangat kecil, kata Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI belum lama ini.

Dokter anak ini menyebutkan dugaan awal disebabkan oleh virus yang menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan.

Virus tersebut adalah Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll. Diduga telah masuk ke Indonesia, setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan/minuman dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat makan bersama orang lain serta menghindari kontak anak-anak dari orang sakit agar tetap sehat," ujar Prof Hanifah

Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Hal ini harus membuat orang tua paham perihal tindakan pertama jika anak mengalami gejala dari Hepatitis akut sebagaimana melansir sosial media Kementerian Kesehatan, ada empat langkah penting dalam penanganan Hepatitis akut, antara lain:

1. Waspada Gejala Awal

Gejala awal dari Hepatitis akut pada anak ini, seperti diare, mual, muntah, demam ringan serta adanya sakit perut.

2. Segera Bawa ke Fasilitas Kesehatan

Jika anak-anak sudah mengalami gejala-gajala awal di atas, para orang tua bisa segera membawa anak ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

3. Jangan Menunggu Gejala Lanjutan

Para orang tua, tidak disarankan abai terhadap gejala-gejala awal dari Hepatitis akut ini. Sebab gejala lanjutannya seperti kulit dan mata menguning, bisa terlambat dalam penanganan penyelamatan.

4. Bawa ke ICU

Bila anak-anak telah mengalami penurunan kesadaran, orang tua segera bawa ke fasilitas rumah sakit ICU anak. Langkah ini dibutuhkan, untuk melakukan tindakan penyelamatan kepada anak.

Topik Menarik