Antisipasi Arus Balik Mudik Lebaran, Dishub DKI Jakarta Siagakan Tiga Terminal Tambahan

Antisipasi Arus Balik Mudik Lebaran, Dishub DKI Jakarta Siagakan Tiga Terminal Tambahan

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 04:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Guna mengantisipasi lonjakan arus balik pemudik pada lebaran 2022, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiagakan tiga terminal bus tambahan di wilayahnya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang yang ada di empat terminal utama yakni terminal Tanjung Priok, terminal Kalideres, terminal Kampung Rambutan dan terminal terpadu Pulogebang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan jajarannya telah mempersiapkan tiga terminal tambahan tersebut agar mencegah kepadatan penumpang arus balik pada salah satu terminal utama.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memecah penumpang yang tiba dari luar kota agar tersebar pada tujuh terminal di DKI Jakarta.

"Untuk antisipasi kepadatan arus balik penumpang menuju Jakarta, kami mempersiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan. Nantinya kita harapkan seluruh bus yang menuju ke Jakarta akan menurunkan penumpang di tujuh terminal tersebut," ujar Syafrin saat melakukan inspeksi mendadak di terminal terpadu Pulogebang, Jumat (6/5/2022).

Dihubungi secara terpisah, Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulogebang, Hendra Kurniawan menyampaikan ketiga terminal bantuan tersebut disebar pada tiga titik lokasi berbeda di Jakarta.

"Ketiga terminal yang dimaksud itu yakni terminal Grogol, terminal Muara Angke dan terminal Lebak Bulus," ujar Hendra.

Sebelumnya, puncak arus balik penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) diperkirakan akan muncul pada 7 hingga 9 Mei 2022. Untuk saat ini, penumpang yang kembali melalui terminal terpadu Pulogebang belum menunjukkan kenaikan secara signifikan.

"Belum ada lonjakan yang signifikan. Untuk penumpang yang kembali, rata-rata datangnya dari wilayah Jawa Tengah," kata Hendra.

Topik Menarik