Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Virus, Bukan Vaksin Covid-19

Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Virus, Bukan Vaksin Covid-19

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 10:27
share

JAKARTA, celebrities.id - Hepatitis akut yang menyasar anak-anak baru-baru ini ditetapkan menjadi wabah penyakit misterius di dunia. Hal itu dikarenakan masih belum diketahui penyebab dari Hepatitis akut tersebut. Namun, dokter anak mengungkapkan ada beberapa virus yang diduga jadi biang masalah.

Saat ini, muncul dugaan ada virus menjadi penyebab Hepatitis akut misterius pada anak di tengah pandemi Covid-19. Virus yang berperan yaitu Adenovirus 41, SARs-COV-2, virus ABV, dll.

"Virus tersebut terutama menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan. Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar, karena kejadian Hepatitis akut tidak ada bukti bahwa ada hubungan dengan vaksin Covid-19," ujar Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dalam Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara online, Kamis (5/5/2022)

Dalam kesempatan tersebut, Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan. Langkah awal bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Menurutnya, virus yang menyerang saluran cerna bisa dicegah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga asupan yang dikonsumsi.

"Dari saluran napas, kita bisa melakukan tindakan cuci tangan terutama saat makan dan minum. Memastikan makanan/minuman matang dan tidak menggunakan alat makan bersamaan, serta menghindari kontak dengan kontak orang sakit," jelas Prof. Hanifah.

Sementara, untuk mencegah infeksi virus dari saluran pernapasan, sebagai orang tua bisa menjaga protokol kesehatan Covid-19. Dengan memakai masker, menjaga jarak,dll adalah aturan jadi kebiasaan selama pandemi Covid-19.

Hanifah juga menyebutkan secara umum gejala awal penyakit Hepatitis Akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Topik Menarik