Mengenal Tari Serimpi dan Properti yang Dipakai

Mengenal Tari Serimpi dan Properti yang Dipakai

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 10:00
share

JAKARTA, celebrities.id - Tari Serimpi adalah salah satu tari tradisional Indonesia yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Tarian ini menjadi tarian sakral di keraton Daerah Istimewa Yogyakarta.

Properti tari serimpi sangat unik dan memiliki ciri khasnya tersendiri.
Tari serimpi terdiri dari empat penari yang masing-masing memiliki arti simbol kehidupan manusia, yaitu air (toya), api (grama), udara (angin), dan tanah (bumi). Istilah "serimpi" sendiri berkaitan dengan makna "impi" atau "mimpi".

Keunikan Tari Serimpi dan Propertinya

Melansir dari beberapa sumber, Karena tarian ini memiliki sifat yang sakral, tari ini hanya dapat ditampilkan di dalam lingkungan keraton. Biasanya, tari Serimpi identik untuk memperingati kenaikan tahta sultan atau untuk menjamu tamu agung yang datang ke keraton.

Namun seiring berkembangnya waktu, tari Serimpi memiliki beragam jenis dan tarian ini biasanya diiringi musik gamelan sebagai pelengkap gerakan tari. Yuk Celebhitz, kita lihat apa aja si yang menjadi pelengkap Tari Serimpi dari alat musik hingga beberapa properti pendukungnya.

Property Tari

Kendhang
Saron
Demung
Bonang
Kenong
Gong
Kempul
Gambang
Slenthem
Gender
Siter
Rebab
Suling
Kemanak
Gendrum
Keris
Jebeng
Tombak
Jemparing
Pistol
Selendang
Jarik motif parang
Sabuk setgen
Mekak
Jamang
Sumping

Iringan atau gerakan tari Serimpi, para penari melakukan gerakan pelan mengikuti iringan gamelan khas Jawa. Gerakan ini lebih dominan ke gerakan tangan, kaki, dan kepala serta memainkan selendang yang diikat pada pinggangnya. Penari ini tak kalah menarik karena memakai tata rias wajah yang memiliki ciri khas sebagai orang Jawa.

Selain itu, kostum yang dikenakan adalah baju pengantin putri khas Yogyakarta, namun saat ini baju yang dipakai adalah baju tanpa lengan berwarna cerah dan kain jarik (kain batik bermotif).

Kepala penari terdapat gelungan rambut dihiasi bunga dan hiasan kepala bulu burung kasuari serta beberapa aksesoris seperti anting, kalung, gelang dan selendang yang diikat di pinggang untuk sanggahan keris yang diselipkan di bagian depan menyilang ke kiri, dan juga keris.

Mari kita mencintai dan melestarikan budaya bangsa dengan menjaga warisan dan belajar mendalami banyak keanekaragaman sebagai bentuk mendukung budaya tradisional kita semakin terkenal di dunia tentunya ya Celebhitz!


Topik Menarik