Sekolah Masuk 12 Mei 2022, Muhadjir Effendy Ingatkan Siswa untuk Mengejar Ketinggalan Belajae

Sekolah Masuk 12 Mei 2022, Muhadjir Effendy Ingatkan Siswa untuk Mengejar Ketinggalan Belajae

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 04:24
share

JAKARTA, celebrities.id - Dalam upaya mencegah kemacetan yang diprediksi terjadi pada saat arus balik mudik Lebaran, Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Kemenhub untuk mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022.

Kemendikbudristek telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk memberikan penambahan masa libur sekolah selama tiga hari, dari semula 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022.

Lebih lanjut pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keputusan merubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat.

Menurutnya langkah untuk merubah jadwal masuk sekolah ini adalah untuk menghindari kemacetan parah yang terjadi pada saat puncak arus balik yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," Kata Muhadjir di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Muhadjir berharap dengan adanya kebijakan ini. Mudah-mudahan bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang selama ini dikhawatirkan terjadi di puncak arus balik

Selain itu dengan adanya penundaan ini, Muhadjir meminta tidak mempengaruhi proses pembelajaran dalam mengejar ketertinggalan, sebagai dampak pandemi yang banyak berpengaruh pada kualitas pendidikan.

"Oleh karena itu kehadiran anak-anak di sekolah dalam proses pembelajaran tetap penting untuk mengejar ketertinggalan tersebut, dengan tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan" pungkasnya.

Adapun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah menjadi 12 Mei 2022 sesuai arahan pusat.

Kebijakan tersebut dibuat agar tidak ada kepadatan lalu lintas yang datang ke wilayah yang memiliki banyak penduduk mudik, seperti dari Banten ke Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan dan Kota Tangerang.

Topik Menarik