Waspadai Hepatitis Misterius pada Anak, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Waspadai Hepatitis Misterius pada Anak, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Seleb | celebrities.id | Kamis, 5 Mei 2022 - 14:58
share

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit Hepatitis misterius yang menyasar anak-anak di dunia menjadi perhatian publik hingga memicu kekhawatiran.

Melihat perkembangan kasus yang telah masuk ke Indonesia, Dokter anak mengungkapkan penyebab hingga cara pencegahan hepatitis akut tersebut. Di Indonesia, penyakit itu telah merenggut tiga nyawa anak-anak.

Ketiga pasien anak itu, dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dan belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

"Ada isu atau berita kalau kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19. Itu tidak benar, karena kejadian Hepatitis akut ini tidak ada bukti bahwa ada hubungan dengan vaksin Covid-19," ujar Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K), Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi dalam Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara online, Kamis (5/5/2022)

Menurutnya kondisi adanya penyakit Hepatitis akut misterius yang bersamaan dengan Covid-19, jadi pemicu masyarakat beranggapan adanya keterkaitan. Sebab situasi sama tidak menjamin adanya kaitan secara langsung.

Saat ini, muncul dugaan ada virus menjadi penyebab, adanya Hepatitis akut misterius pada anak di tengah pandemi Covid-19. Virus yang diduga berperan yaitu Adenovirus 41, SARs-COV-2,dll, di mana penularannya melalui saluran pencernaan dan pernafasan.

"Karena itu virus Covid-19 dengan penyakitnya (Hepatitis akut) saja belum bisa ditentukan (masih diselidiki), apa lagi dengan vaksin Covid-19nya," ujarnya

Pencegahan Hepatitis Akut Misterius

Dalam penjelasannya, Hanifah menerangkan ada beberapa cara mencegah infeksi saluran cerna dan nafas. Menurutnya, virus yang menyerang saluran cerna bisa dicegah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga asupan yang dikonsumsi.

"Dari saluran nafas kita bisa melakukan tindakan cuci tangan terutama saat makan dan minum. Memastikan makanan/minuman matang dan tidak menggunakan alat makan bersamaan, serta menghindari kontak dengan kontak orang sakit," tutur Dr Hanifah.

Sementara, untuk mencegah infeksi virus dari saluran pernafasan, sebagai orang tua bisa menjaga protokol kesehatan Covid-19. Dengan memakai masker, menjaga jarak,dll adalah aturan jadi kebiasaan selama pandemi Covid-19.

Topik Menarik