Niat Puasa Syawal, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

Niat Puasa Syawal, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

Seleb | celebrities.id | Kamis, 5 Mei 2022 - 12:15
share

JAKARTA, celebrities.id Niat puasa Syawal harus diketahui umat Muslim yang ingin melaksanakannya usai Lebaran Idul Fitri.

Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan karena ada keutamaan di dalamnya. Sementara, niat merupakan salah satu rukun puasa dan ibadah lain pada umumnya. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa segala sesuatu itu bergantung pada niat.

Berikut ini bacaan niat puasa Syawal lengkap dengan bahasa Arab dan artinya, Kamis (5/5/2022).

Niat Puasa Syawal

Mengutip dari NU Online, idealnya puasa sunah Syawal enam hari yang dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri, yakni pada 2-7 Syawal. Namun orang yang berpuasa di luar tanggal itu, sekalipun tidak berurutan, tetap mendapat keutamaan puasa Syawal seakan puasa wajib setahun penuh.

Bahkan orang yang mengqadha puasa atau menunaikan nadzar puasanya di bulan Syawal tetap mendapat keutamaan seperti mereka yang melakukan puasa sunah Syawal. Saking besarnya keutamaan puasa ini, seseorang yang berhalangan melaksanakannya di bulan Syawal, dianjurkan mengqadhanya di bulan lain.

Demikian keterangan yang bisa kita dapatkan di kitab-kitab turats, di antaranya Nihayatuz Zain karya Syekh Nawawi al-Bantani.

Untuk memantapkan hati, ulama menganjurkan seseorang untuk melafalkan niatnya. Berikut ini lafal niat puasa Syawal.

Nawaitu shauma ghadin an adi sunnatis Syawwli lillhi tal.

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT."

Adapun orang yang mendadak di pagi hari ingin mengamalkan sunnah puasa Syawal, diperbolehkan baginya berniat sejak dia berkehendak puasa sunnah saat itu juga. Hal ini karena kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib.

Sementara untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut cara melafalkan niat puasa Syawal di siang hari dalam bahasa Arab.



Nawaitu shauma hdzal yaumi an adi sunnatis Syawwli lillhi tal.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.

Niat sekaligus enamhari puasa Syawal sebagai berikut.

Nawaitu Shauma Ghadin Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Taaalaa.

Artinya: Aku niat berpuasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Taala.

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan bagi yang mampu mengerjakannya.

Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam haditsnya bahwa orang yang berpuasa Ramadhan kemudian disambung dengan puasa enam hari Syawwal, maka akan memperoleh pahala senilai puasa satu tahun.

Rasulullah saw bersabda,



Artinya: Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun. (HR Muslim)

Perhitungan pahala puasa satu tahun itu berdasarkan firman Allah SWT berikut,

Artinya: Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya. (QS. Al-Anam [6]: 160)

Mengutip dari NU Online, ayat di atas menjelaskan bahwa setiap satu amal kebaikan akan mendapat balasan sepuluh kali lipat. Mengacu pada penjelasan tersebut, jika dikalkulasikan maka satu bulan puasa Ramadhan dikali 10 sama dengan 10 bulan, kemudian 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan. Jadi 10 bulan ditambah 2 bulan sama dengan 12 bulan atau satu tahun.


Topik Menarik