Hari Kedua Lebaran, 21 Ribu Lebih Wisatawan Banjiri Gunungkidul, Mayoritas Berlibur ke Pantai

Hari Kedua Lebaran, 21 Ribu Lebih Wisatawan Banjiri Gunungkidul, Mayoritas Berlibur ke Pantai

Seleb | celebrities.id | Rabu, 4 Mei 2022 - 14:20
share

YOGYAKARTA, celebrities.id - Libur lebaran hari kedua jumlah wisatawan ke Gunungkidul mengalami lonjakan signifikan dibanding hari pertama. Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat kenaikan lebih dari 400 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian mengungkapkan sejumlah obyek wisata di Gunungkidul mulai dibanjiri pengunjung. Hari ini pihaknya mencatat jumlah pengunjung mencapai 21.736 orang.

"Kalau pas hari lebaran kemarin, kami mencatat kunjungan mencapai 5.138 orang," kata dia, Selasa (3/5/2022).

Menurutnya, pantai masih menjadi tempat favorit untuk para wisatawan setiap kali berlibur ke Gunungkidul. Di mana 90 persen lebih kunjungan wisatawan ke Gunungkidul masih ke pantai sisanya ke Goa dan Gunung.

Pada lebaran kali ini, pihaknya memproyeksikan jumlah pengunjung mencapai 154.403 orang akan berlibur ke Gunungkidul. Jumlah tersebut hanyalah 50 persen dibanding dengan banyaknya pengunjung wisatawan pada libur lebaran tahun 2019 yang lalu.

"Itu proyeksi kami dengan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 1,2 miliar," ujarnya.

Dan hingga akhir April 2022 kemarin, pihaknya baru mengumpulkan PAD dari sektor pariwisata sebanyak Rp5,7 miliar. Di mana target PAD tahun 2022 sektor pariwisata tahun ini ada sebesar Rp27 miliar. Meski besar, namun pihaknya optimis angka tersebut dapat tercapai.

Arif Aldian menambahkan untuk libur lebaran kali ini pihaknya tidak menyelenggarakan pentas hiburan bagi para pengunjung. Karena situasi pandemi Covid-19 berlangsung hingga saat ini sehingga kerumunan masih perlu dikurangi.

Dinas Pariwisata Gunungkidul terus berantisipasi untuk mengatasi kebocoran retribusi selama libur lebaran. Salah satunya dengan cara menyiapkab barcode QRIS BPD DIY.

Untuk antisipasi lonjakan jumlah pengunjung pihaknya akan mengerahkan seluruh karyawan dari dinas Pariwisata dalam pelayanan tiketing. Upaya ini diharapkan mampu mengurai kemacetan panjang di pos retribusi.

"Untuk mencegah kebocotan kami juga bekerjasama dengan BPD DIY untuk menyediakan barcode dan pemanfaatan aplikasi visiting Jogja untuk membantu kemudahan dalam layanan e-ticketing," ucap Arif.

Topik Menarik