6 Properti Unik Tari Saman, Ditampilkan dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

6 Properti Unik Tari Saman, Ditampilkan dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Seleb | celebrities.id | Selasa, 3 Mei 2022 - 11:30
share

JAKARTA, celebrities.id Properti tari saman terbilang unik. Tarian ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Tarian ini berasal dari Provinsi Aceh, lebih spesifik lagi merupakan suatu kebudayaan yang dimiliki oleh Suku Gayo.

Selain tariannya yang ritmis dan menghipnotis, properti yang digunakan dalam tari saman pun cukup unik.

Tari Saman dilakukan secara berkelompok dengan kurang lebih 10 orang anggota. Masing-masing individu berlutut sambil membentuk barisan kesamping seraya melakukan gerakan secara kompak dan dibarengi dengan bernyanyi. Untuk alat musiknya, biasanya ada pemain gendang dan dikombinasikan dengan tepuk tangan dari kelompok penari tersebut.

Tari Saman biasanya ditampilkan ketika ada sebuah acara, peristiwa perayaan adat dan juga untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nah untuk celeb hitz yang penasaran dengan perlengkapan yang digunakan oleh penari saman, berikut celebrities.id rangkum informasinya dikutip dari beberapa sumber, Jumat (29/4/2022).

Properti Tari Saman

1. Bulung Teleng

Dimulai dari bagian atas, biasanya penari Saman menggunakan semacam penutup kepala berwarna hitam. Itulah yang dinamakan dengan Bulung Teleng atau Tengkuluk. Kain yang biasanya ditambahkan dengan sulaman benang ini dipergunakan untuk menutupi kepala sang penari.

2. Baju dan celana

Umumnya, penari Saman menggunakan baju adat khas Suku Gayo yang dinamakan baju Kerawang. Baju ini berwarna dasar hitam dengan sulaman benang putih, merah dan hijau. Lalu untuk bagian pinggang juga ikut disulam dengan menggunakan kedawek.

Untuk celana, biasanya penari Saman menggunakan celana panjang sampai mata kaki yang berwarna hitam mengkilap. Biasanya dibagian bawah celana juga dilengkapi dengan corak berwarna emas.

3. Sarung

Sarung ini dipakai diluar celana sembari melilit celana tersebut. Biasanya, motif sarung tersebut menggunakan motif batik Gayo dengan warna yang disesuaikan senada dengan busana sang penari.

4. Stagen

Stagen digunakan untuk mengencangkan baju agar tidak mengendur. Penggunaan stagen juga akan membuat tubuh sang penari jadi terlihat lebih tegas dan sopan. Umumnya stagen yang digunakan berwarna hitam.

5. Sabuk

Sabuk digunakan untuk menutupi stagen yang melingkari pinggang penari. Sabuk juga dipergunakan untuk menghiasi penampilan sang penari.

6. Topong Gelang dan Sapu Tangan

Topong gelang dan sapu tangan digunakan di masing-masing pergelangan tangan sang penari. Biasanya warna akan dipilih senada dengan busana yang sudah dipakai. Namun, berbeda dengan topong gelang, penggunaan saputangan hanyalah properti opsional yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, Celeb Hitz itu dia berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan Tari Saman. Yuk mari lestarikan berbagai kebudayaan bangsa ini agar tidak lekang ditelan zaman!

Topik Menarik