5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi sebelum Mudik Lebaran

5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi sebelum Mudik Lebaran

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 30 April 2022 - 16:47
share

JAKARTA, celebrities.id - Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, ada baiknya kamu mengecek kondisi mobil terkini. Hal ini dilakukan supaya mencegah mobil dari indikasi mogok di tengah jalan.

Ada beberapa cara mudah cek mobil pribadi sebelum mudik Lebaran. Kamu bisa memeriksa kondisi mobil baik secara mandiri maupun di bengkel resmi.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum 5 cara mudah cek mobil pribadi sebelum melakukan perjalanan mudik tahun ini, Sabtu (30/4/2022).

5 Cara Mudah Cek Mobil Pribadi

1. Cek kondisi air radiator dan kebocoran komponen pendingin mesin

Cara pertama yang perlu kamu lakukan dengan sangat mudah yaitu dengan melakukan pengecekan air radiator dan komponen pendingin mesin. Periksa keseluruhan mesin pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang radiator maupun pada tabung reservoir. Setelah itu kamu juga periksa kondisi air radiator.
Jika mobil menggunakan air biasa sebaiknya diganti dengan menggunakan coolant khusus. Sebab coolant memiliki zat aditif yang berfungsi untuk mendinginkan mesin dan tidak mudah panas dan menguap. Cara penggantian airnya diselingi dengan flushing radiator. Hal ini dilakukan guna memastikan kotoran atau karat pada sistem radiator akan terangkat dan terbuang saat pengurasan. Kemudian setelah flushing baru tambahkan air radiator dengan coolant pendingin khusus.

2. Cek kelistrikan mobil

Cara mudah mengecek mobil pribadi yang kedua adalah kelistrikan mobil. Mengapa demikian? Sebab kelistrikan berpengaruh penting terhadap sistem kerja starter, AC, lampu dan audio. Maka itu, periksa kelistrikan mobil dan juga komponen pendukung lainnya seperti kabel, relay , alternator dan aki. Ketika keempat komponen ini tidak seirama maka yang terjadi mobil mengalami malfungsi dengan kelistrikannya.

3. Cek mesin mobil dan pastikan kondisi prima

Memeriksakan kondisi mesin mobil sangat mudah untuk kamu lakukan loh. Ada beberapa tahapan dalam melakukan pengecekan mesin mobil. Salah satunya yaitu sistem pelumasan mesin (oli mesin, oli transmisi, oli gardan untuk manual), sistem penggerak (kompresor AC, bearing pulley, van-belt), maupun perhatikan adanya rembesan pada mesin.

Jika ingin melakukan perjalanan mudik ada baiknya mempersiapkan kondisi mesin mobil dengan mengganti oli mesin dan transmisi, van-belt dan rembesan pada packing. Sebab ketiga point ini jika bermasalah akan menyulitkanmu dalam perjalanan menuju kampung halaman.

4. Cek kondisi rem dan ban

Cara mudah keempat dalam mengecek mobil yaitu dengan melihat kondisi rem dan ban. Pastikan pompa rem dan kampas rem dalam kondisi yang prima. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan kondisi ban. Jangan pernah anggap sepele ban yang ulirnya sudah aus sebab hal itu bisa menjadi malapetaka untuk kamu jika dipaksakan berjalan. Risiko yang akan terjadi ban bisa meledak dan akan memporak-porandakan handling dan stabilitas mobil.

5. Periksa kelengkapan dokumen seperti STNK, SIM, pajak, dan lainnya

Terakhir, pemilik mobil sering lupa dalam mempersiapkan mobilnya yaitu terkait tentang kelengkapan surat-surat. Pastikan surat kendaraan selalu aman dan tetap dalam masa aktif. Sebab jika tidak lengkap maka kamu bisa jadi melanggar dan dikenakan sanksi tilang dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Topik Menarik