5 Rest Area Paling Instagramable, Cocok untuk Tempat Istirahat Pemudik

5 Rest Area Paling Instagramable, Cocok untuk Tempat Istirahat Pemudik

Seleb | celebrities.id | Kamis, 28 April 2022 - 14:55
share

JAKARTA, celebrities.id - Rest area paling Instagramable bisa menjadi tempat istirahat favorit bagi pemudik. Seperti diketahui, tinggal menghitung hari seluruh umat islam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Momen ini tentu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk bisa berkumpul bersama sanak saudara.

Setelah dua tahun membatasi aktivitas karena pandemi Covid-19, kini pemerintah mulai memperbolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Sejumlah masyarakat sudah mulai membanjiri bandara, pelabuhan, hingga terminal bus.

Bagi Anda yang mudik ke wilayah Pulau Jawa menggunakan jalur darat, jangan lewatkan untuk singgah ke rest area. Selain untuk rehat sejenak dalam perjalanan panjang, beberapa rest area juga bisa dijadikan sebagai spot foto lho. Anda bisa mengabadikan momen dengan konsep rest area yang Instagramable.

Berikut rekomendasi 5 rest area paling Instagramable, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/4).

1. Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi, Jawa Barat

Bagi pemudik yang tengah menempuh perjalanan dari Bandung menuju Jakarta bisa mampir ke Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi. Salah satu yang ikonik dari rest area ini adalah bangunan Masjid Al-Safar yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menariknya masjid ini memiliki bentuk seperti lipatan dan lekukan origami, di dalamnya terdapat ruang berbentuk segitiga yang sangat unik.

Keseruan perjalanan mudik semakin seru karena Anda bisa berfoto di tempat ini, sebab masjid ini dilengkapi spot wisata foto 3D. Area taman yang tersusun rapi juga bisa dijadikan spot foto lho.

2. Rest Area Kledung di Temanggung menuju Wonosobo, Jawa Tengah

Bagi Anda yang mudik ke wilayah Wonosobo, jangan lupa untuk beristirahat sejenak di Rest Area Kledung di Temanggung menuju Wonosobo. Rest area ini menjadi menarik karena berada di atas ketinggian 2.000 mdpl.

Rest Area itu menyajikan panorama pegunungan yang begitu indah, sebab berada di kawasan yang diapit oleh Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Suasananya yang dingin dan sejuk juga bisa membuat Anda rehat sejenak dari perjalanan mudik.

3. Rest Area KM 260B Heritage, Banjaratma, Brebes

Belum lama ini, Rest Area KM 260B Heritage, Banjaratma, Brebes jadi perbincangan sebab memiliki bangunan yang sangat unik dan instagramable. Lokasinya berada di ruas tol tol PejaganPemalang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sebelum dialih fungsikan jadi rest area, tempat itu dulunya bekas Pabrik Gula Banjaratma. Pabrik itu didirikan oleh perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda, NV Cultuurmaatschappij, pada 1908 san mulai beroperasi pada 1913.

Sama seperti di rest area pada umumnya, tempat ini menyediakan masjid dan juga toilet. Namun yang menarik, ada satu spot di rest area itu yang terdapat dua buah mesin penggilingan tebu. Ada juga lokomotif bekas penarik bahan baku yang masih otentik sehingga cocok untuk Anda yang suka berfoto.

Tempat ini juga dilengkapi dengan spot wahana bermain anak, mulai dari perosotan, mobil remote, becak mini, pasir lukisan, dan lainnya. Semua mainan tersebut berbayar yah, mulai harga Rp15 ribuan saja.

4. Rest Area KM 360 Kampoeng Kopi Banaran, ruas Tol SemarangBatang

Rest area instagramable selanjutnya ada di KM 360 Kampoeng Kopi Banaran, ruas Tol SemarangBatang. Lokasi ini berada di Kabupaten Semarang dengan ketinggian 480600 mdpl sehingga memiliki suhu udara sejuk.

Menariknya, tempat ini tak hanya sebagai rest area, tapi juga memiliki objek wisata. Banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini mulai dari glamping, offroad, dan masih banyak lagi. Ada pula empat restoran yang terdapat di tempat ini, seperti Sky View, Banaran 9 Resto, Barbeque Camp, dan Sky Lounge.

Memiliki lokasi seluas kurang lebih 400 hektare, rest area ini terbilang unik karena dikelilingi oleh panorama tujuh gunung dan Rawa Pening. Gunung tersebut adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

5. Rest area Km 456, Tol Semarang-Solo

Bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik melewati tol Semarang-Solo, pastikan untuk mampir di Rest area Km 456. Tempat ini didapuk sebagai rest area terbaik di Indonesia.

Lokasi yang dikenal dengan Resta Pendopo 456 ini memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung para pemudik. Berada di lahan seluas 3,3 hektar tempat ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang begitu indah. Bila cuaca bagus, Anda bisa berfoto dengan latar Gunung Merbabu yang berdiri kokoh.

Dilengkapi lima bangunan bergaya jogja dengan atap limas, makin memberi nuansa etnik pada rest area ini.

Topik Menarik